Sukses

Lifestyle

Klamidia, Virus PMS Pintar Yang Sangat Berbahaya

Yang bisa pintar ternyata bukan hanya manusia saja lho, Ladies. Virus pun ternyata juga bisa menjadi pintar. Seperti klamidia, virus penyakit menular seksual ini sangatlah “pintar” sehingga penyembuhan dan pendeteksiannya menjadi sangat sulit.

Kenapa virus klamidia dianggap virus yang pintar? Dilansir dari dailymail.co.uk, ini karena virus klamidia pada tubuh seseorang dapat merubah DNA-nya menjadi bentuk dan efek yang lebih baru. Memang namanya tidak berubah dari klamidia menjadi yang lainnya, akan tetapi masalahnya ada pada saat pendeteksian. Tes yang dilakukan hanya akan menunjukkan adanya penyakit klamidia secara umum, tanpa mengetahui sejauh mana klamidia telah berkembang dan berevolusi.

Berubahnya DNA virus klamidia pada seseorang bisa terjadi karena adanya 2 virus yang menyerang bersamaan di dalam tubuh. Ini bukannya tidak mungkin, karena klamidia adalah penyakit menular seksual paling umum di dunia. Klamidia menyerang 100 juta orang tiap tahunnya. Pertukaran antara dua DNA ini oleh ilmuwan disebut rekombinasi.

Penanganan pada virus yang telah berevolusi tidaklah semudah pada virus yang tidak berkembang. Ini karena klamidia tidak terpaku pada satu jenis obat atau antibiotik. Bisa-bisa, kalau pemberian antibiotiknya tidak tepat, malah akan membuat virus klamidia tumbuh menjadi virus yang tahan terhadap antibiotik.

Selain itu, kenapa klamidia dianggap pintar adalah karena virus dari klamidia dapat dengan mudah menghindari sistem pertahanan tubuh. Kalau sudah ada di dalam tubuh dalam waktu yang lama, klamidia dapat menyebabkan infeksi mata hingga kebutaan serta kemandulan.

Oleh: Muhammad Faris

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading