Sukses

Lifestyle

Penyebab dan Treatment Voyeurism

Ladies, beberapa saat lalu marak berita tentang pemasangan kamera di toilet maupun di kamar pas. Tujuannya sangat jelas, yaitu mengintip maupun merekam. Hal ini ditujukan untuk wanita. Mereka ingin menikmati pesona tubuh wanita tanpa sepengetahuan pemiliknya. Sebenarnya, kondisi ini merupakan suatu penyakit seksual yang dinamakan Voyeorism. Mereka senang atau mendapat kepuasan tersendiri saat melihat orang lain telanjang.

Dilansir oleh minddisorders.com, tidak jelas apa penyebab pasti dari Voyeorism. Kemungkinan terbesar adalah seseorang itu pernah tidak sengaja mengetahui aktivitas seksual orang lain. Dia merasa memperoleh kenikmatan tersendiri lalu mencobanya lagi. Setelah beberapa kali tidak ketahuan, hal ini mengarah pada suatu efek kecanduan. Bila dilakukan secara intens, akan mengarah kepada Voyeurism.

Tidak ada treatment khusus untuk mengobati kelainan ini. Yang diperlukan hanya kemauan dari si penderita sendiri. Sulit memang untuk membuat seseorang sadar perilakunya menyimpang.Selain itu, ada terapi perilaku. Mereka dilatih untuk mengontrol hasrat mengintip. Tetapi, tak ada obat-obatan khusus untuk treatment. Agak sulit memang. Mereka biasanya mengelak dengan dalih melihat karena tidak sengaja.

Untuk mencegah terjadinya ketergantungan yang berlarut-larut, para ahli berpendapat bahwa diperlukan arahan dan bimbingan dari orang disekitarnya. Selain itu, masyarakat juga bisa membantu mencegah kelainan seksual ini. Caranya yaitu dengan menutup segala celah-celah dan juga menutup jendela-jendela dengan tirai yang tidak tembus pandang.

Oleh: Noka Dara 

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading