Sukses

Lifestyle

5 Jenis Rimpang yang Biasa Digunakan Untuk Bumbu Masak

Fimela.com, Jakarta Sejak lama Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan kekayaan kuliner yang beragam. Masakan khas Indonesia juga memiliki ciri khas sendiri antara lain adalah bumbunya melimpah. Masakan Indonesia juga dibuat dengan bumbu rempah yang beragam sehingga menghasilkan masakan menggugah selera.

Adapun bumbu rempah tersebut mulai dari yang berbentuk butiran, daun, rimpang hingga akar-akaran. Ngomongin soal bumbu dapur, mari kita berkenalan dengan jenis bumbu masak yang berbentuk rimpang. Saat memasak jangan sampai salah lagi dalam memilih rimpang untuk setiap masakanmu ya?

Kunyit Hingga Temu Kunci

1. Kunyit

Rimpang pertama yang banyak digunakan di masakan adalah rimpang kunyit. Kunyit biasa digunakan untuk bumbu masakan sebagai pewarna alami. Kunyit memiliki warna khas yakni kekuning-kuningan. Biasanya, kunyit digunakan pada masakan kare, ayam goreng, pepes, gulai, nasi kuning dan masih banyak lagi.

2. Jahe

Rimpang selanjutnya yang bermanfaat sebagai bumbu masakan adalah jahe. Jahe memiliki aroma wangi yang khas. Biasanya, jahe digunakan sebagai bumbu masakan ikan, daging maupun ayam yang dimasak kuah, tumis atau pun semur. Jahe digunakan dalam masakan untuk menetralisir bau amis dari masakan yang berbahan dasar ikan maupun daging.

3. Lengkuas

Rimpang lengkuas juga menjadi salah satu bumbu masakan yang selalu ada di setiap masakan Indonesia. Lengkuas bentuknya mirip jahe tapi teksturnya lebih keras, alot dengan warna kemerah-merahan. Dibanding rimpang lainnya, ukuran lengkuas lebih besar. Biasanya, lengkuas digunakan untuk masakan berkuah. Lengkuas juga sebagai bahan untuk membuat ayam goreng laos.

4. Kencur

Rimpang kencur memiliki aroma khas dengan rasa cukup pedas. Bentuk kencur lebih kecil dan agak bulat jika dibandingkan dengan rimpang lain. Kulitnya juga lebih gelap dan berdaging putih bersih. Biasanya, kencur digunakan sebagai bumbu masakan urap, seblak, peyek, mangut ikan, pecel dan sayur bobor.

5. Temu Kunci

Untuk rimpang selanjutnya ada temu kunci. Temu kunci bentuknya mirip kencur tapi ada bagian yang memanjang dengan aroma wangi khas. Biasanya, temu kunci digunakan untuk bumbu masakan sayur bening, urap dan hidangan ikan.

Itulah sedikitnya 5 jenis rimpang yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Jangan sampai salah memilih rimpang untuk setiap masakanmu di rumah ya? Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading