Menyambut Akhir Tahun, Ini Tren Wisata Sepanjang Tahun 2018

Karla Farhana19 Des 2018, 13:30 WIB
[Fimela] Tren Wisata 2018

Fimela.com, Jakarta Menyambut pergantian tahun, wisata baik di dalam maupun luar negeri pasti ramai oleh para pelancong. Tentu saja, kebutuhan para pelancong terhadap layanan wisata meningkat. 

Untuk itu, Traveloka yang sudah 6 tahun berdiri melakukan sebuah studi internal mengenai tren wisata masyarakat Indonesia di sepanjang tahun 2018. 

Dari studi tersebut, ternyata banyak masyarakat Indonesia yang mencari inspirasi perjalanan melalui online atau di media sosial. Studi tersebut juga menunjukkan, orang-orang yang melakukan perjalanan dengan keluarga atau berkelompok biasanya lebih terencana dibandingkan dengan para pelancong tunggal. 

Tiket transportasi yang kini sudah jauh lebih mudah untuk didapatkan secara online ternyata menjawab kebutuhan para wisatawan. Pasalnya, studi tersebut menunjukkan 4 dari 5 orang membeli tiket transportasi sebelum menentukan akomodasi. 

Mereka biasanya memesan akomodasi 2-3 minggu sebelum waktu keberangkatan dengan mempertimbangkan lokasi serta hotel yang instagrammable. 

Selain itu, selama tahun 2018, ada beberapa destinasi wisata yang paling populer. Wisata domestik antara lain Jakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Yogyakarta, Medan, Balikpapan, Palembang, Semarang, dan Batam. Sementara, destinasi wisata internasional antara lain Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, Hong Kong, Cina, Australia, Filipina, Taiwan, dan Timor Leste. 

3 Produk Baru Traveloka

Sufinitri Rahayu, PR Director Traveloka (PR Traveloka)
Sufinitri Rahayu, PR Director Traveloka (PR Traveloka)

Selian itu, di tahun 2018, Traveloka juga mengeluarkan 3 produk baru seperti Bus, Kuliner, dan Sewa Mobil. Vice President of Marketing Traveloka Kurnia Rosyada mengatakan, produk dan fitur baru tersebut melengkapi kebutuhan pengguna Traveloka. 

"Selama tahun 2018, kami telah memperkenalkan produk baru seperti Bus, Kuliner, dan Sewa Mobil. Fitur-fitur baru juga melengkapi pengalaman pengguna, seperti PayLater dan Status Penerbangan," katanya. 

Tahun ini, Traveloka telah bekerja sama dengan 85 mitra busdan travel untuk melayani lebih dari 4.500 rute antar kota di Indonesia. 

Lanjutkan Membaca ↓