Sukses

Lifestyle

Mengenal Jenis Ikan Air Tawar (part 1)

Jika Anda sudah banyak mengenal tentang ikan air laut seperti misalnya tuna, tongkol, kerapu dan lain sebagainya, maka jangan lewatkan untuk mengenal lebih jauh tentang beberapa jenis ikan air tawar dan payau yang ada di sekitar Anda, bahkan mungkin salah satunya adalah favorit Anda.

Dikutip dari laman en.wikipedia.org, ikan bandeng adalah satu-satunya ikan yang terkenal sebagai ikan air payau yang juga bisa hidup di air laut dangkal seperti pesisir pantai yang terdapat terumbu karang, muara dan danau serta biasa berlindung di bawah hutan bakau. Ciri yang sangat umum membedakan ikan bandeng adalah sirip ekornya yang bercabang dua dan cukup runcing.

Ikan bandeng banyak dikonsumsi di negara-negara Asia termasuk Indonesia, Filipina, Taiwan dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Di Amerika, ikan ini tidak terlalu populer dan tidak banyak peminatnya sehingga sangat jarang dijumpai dan dijual.

Meski begitu, ikan bandeng tidak kalah dalam nutrisi. Jenis ikan air payau ini memiliki protein tinggi beserta lemak, kalori, vitamin dan beberapa mineral. Jika Anda ingin mengonsumsi ikan bandeng lebih sehat, maka disarankan untuk mengolahnya dengan cara diasap atau panggang saja.

Untuk menghilagkan duri yang mengganggu, cara sehat lainnya dalam mengolah ikan bandeng adalah dengan cara dipresto. Kelebihan lain ikan ini adalah rendahnya kadar merkuri dalam tubuh bandeng sehingga sangat aman dikonsumsi.

Oleh: Anindya Febi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading