Selain Pempek, Ini 5 Makanan Khas Palembang yang Enak Tiada Duanya

Mimi Rohmitriasih19 Des 2018, 12:08 WIB
pempek

Fimela.com, Jakarta Saat Sahabat Fimela berlibur ke pulau Sumatera tepatnya ke kota Palembang, selain berlibur untuk menikmati keindahan alam Palembang, pastikan untuk berlibur dengan menikmati kuliner khas sana yang enaknya juara dan tiada duanya. Ya, sebagai kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan, Palembang memiliki banyak hal menarik di dalamnya.

Hal menarik tersebut mulai dari wisata alamnya, wisata budayanya dan pastinya wisata kulinernya. Ada banyak kuliner khas Palembang yang siap memanjakan lidah kita semua. Selain pempek yang telah mendunia, Palembang juga masih punya beragam kuliner lezat lainnya. Kuliner tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Tekwan

Tekwan merupakan bakso khas Palembang. Tekwan memiliki aroma dan rasa yang khas serta sedikit berbeda dari bakso pada umumnya. Hidangan ini disajikan bersama bakso ikan, mie putih, kuah benong dan taburan daun seledri juga bawang goreng. Karena kuahnya terbuat dari sari kepala udang dan daun bawang, kuah tekwan sangat gurih dan menggugah selera.

2. Laksan

Makanan selanjutnya ada laksan. Laksan merupakan sajian yang terbuat dari tepung sagu dan ikan. Sajian ini seperti pempek lenjer yang dipotong melintang dan disajikan bersama kuah santan kental. Rasa laksan sangat gurih dan khas.

3. Celimpungan

Celimpungan adalah salah satu makanan turunan dari pempek. Biasanya, makanan khas Palembang satu ini ditemukan saat lebaran atau acara-acara adat serta acara besar lainnya. Celimpungan terbuat dari ikan dan tepung sagu. Bentuknya mirip dengan laksan, sedikit lebih besar daru tekwan dan disajikan bersama kuah kari kental khas Palembang.

4. Sambal Tempoyak

Sambal tempoyak adalah sambal yang terbuat dari durian yang telah difementasi. Rasanya asam, pedas dan manis dengan sedikit aroma durian. Umumnya, sambal tempoyak disajikan bersama sup pindang, ikan goreng maupun ayam goreng.

5. Martabak Palembang

Makanan khas Palembang selanjutnya yang menggugah selera adalah martabak Palembang. Martabak khas Palembang memiliki ciri khas tersendiri yakni disajikan bersama saus kari ayam dengan kentang. Untuk tekstur martabak Palembang umumnya sangat lembut di dalam dengan kulit garing di luar.

Itulah beberapa makanan khas Palembang yang enak juara dan tiada duanya. Selain makanan di atas, makanan lain khas Palembang adalah pempek, godo-godo, es kacang merah, lenggang, pindang ikan, mie celor dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak makanan khas Palembang yang ada, mana nih favoritmu Sahabat Fimela?