Sukses

Lifestyle

Mengenal Jenis Udang yang Biasa Dijadikan Sajian Masakan (I)

Jenis udang memang bermacam-macam, apalagi di Indonesia. Hal tersebut seiring dengan kenyataan Indonesia yang terkenal dengan perairannya yang teramat luas. Berikut beberapa jenis udang yang biasanya dijadikan sajian masakan seperti dilansir dalam laman www.femina.co.id yang harus Ladies ketahui.

-Udang barong atau udang karang yang biasa disebut lobster. Ukurannya besar, bahkan beratnya bisa mencapai 2 kg. Udang jenis ini memiliki kulit yang keras dan bermacam warna. Misalnya cokelat, cokelat kemerahan, hijau, dan hitam kebiruan, dengan bintik-bintik putih, merah, atau cokelat.

-Udang cokong atau udang galah atau yang biasa disebut juga udang tokal. Udang jenis ini termasuk udang sungai atau danau air tawar yang dipasarkan sebagai fresh water shrimp. Warnanya beragam Ladies, ada yang hijau kecokelatan, hijau kebiruan, kuning kecokelatan. Berbercak seperti udang windu, tapi bentuknya lebih bulat.

-Udang dogol atau dalam istilah latinnya disebut dengan metapenaeus monoceros. Udang jenis ini memiliki kulit tebal dan kasar. Yang warnanya merah muda agak kekuningan, didagangkan dengan sebutan pink shrimp. Sedangkan udang yang berwarna kuning kehijuan disebut yellow white shrimp.

-Udang flower atau dalam istilah latinnya disebut dengan penaeus sp. Udang ini memiliki warna hijau kehitaman dengan garis melintang cokelat, sedangkan kulit dan kakinya agak kemerahan. Nah, karena corak warnanya terlihat seperti bunga, oleh sebab itu udang ini dipasarkan dengan nama flower shrimp. Lucu kan Ladies?

Setelah membaca ulasan di atas, Ladies jadi tahu kan apa saja jenis udang air tawar di Indonesia. Tapi Ladies, ternyata masih ada banyak lagi jenis-jenisnya. Namun, akan dibahas pada artikel selanjutnya. Ladies jangan sampai terlewatkan kelanjutannya.


Oleh: Azizah Fadhilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading