Camilan Khas Indonesia Berbahan Gula yang Legit Menggigit

Mimi Rohmitriasih19 Des 2018, 13:44 WIB
Gula Kacang

Fimela.com, Jakarta Indonesia merupakan negara dengan kekayaan kuliner yang beragam. Kuliner tersebut bukan sebatas masakan saja melainkan juga minuman, jajanan tradisional bahkan camilan. Untuk rasa, semua rasa ada mulai dari rasa asam, asin, manis, gurih bahkan pahit.

Bicara mengenai kekayaan kuliner Indonesia, kali ini Fimela punya beberapa camilan khas Indonesia yang memiliki rasa legit menggigit karena berbahan dasar gula. Tak hanya legit, camilan ini juga sedikit gurih dan memiliki rasa yang khas. Apa saja camilan tersebut?

Gulali

Camilan pertama yang legitnya menggigit adalah gulali. Gulali adalah makanan serba gula yang mirip dengan lolipop atau berbentuk lainnya. Gulali 100 persen terbuat dari gula dengan sedikit tambahan pewarna makanan untuk membuatnya tampak lebih menarik. Gulali dibuat dengan cara gula dilelehkan dalam wajan besar yang kemudian dicetak sesuai selera.

Arum Manis

Camilan berbahan dasar gula selanjutnya ada arum manis. Arum manis juga disebut sebagai gula kapas atau rambut nenek. Sebenarnya, camilan berbahan dasar gula ini sudah ada sejak abad ke 15. Arum manis sudah dikenal bangsa Italia sejak saat itu dan terus menyebar ke berbagai negara di dunia termasuk Indonesia.

Gula Kacang

Gula kacang adalah camilan berbahan dasar gula merah, gula jawa atau gula aren dan biji kacang tanah. Gula kacang juga sering disebut sebagai ampyang kacang. Gula kacang memiliki rasa legit dan gurih di setiap gigitannya.

Enting-enting Kacang dan Wijen

Camilan selanjutnya yang terbuat dari gula adalah enting-enting kacang dan wijen. Cara membuatnya adalah gula dilelehkan kemudian dicampur bersama kacang dan wijen yang sudah disangrai. Adonan enting-enting akan dicetak dan didinginkan hingga gula kembali mengeras.

Geplak

Makanan selanjutnya yang terbuat dari gula adalah geplak. Geplak merupakan camilan khas Yogyakarta yang terbuat dari gula dan kelapa parut dengan sedikit tambahan tepung beras. Geplak memiliki rasa legit yang menggigit dan menggugah selera.

Ampyang Kelapa

Ini juga merupakan camilan yang terbuat dari gula dan kelapa. Jika geplak kelapa yang digunakan adalah kelapa parut halus, amyang kelapa terbuat dari kelapa yang disisir kasar atau parut kasar. Rasa ampyang kelapa ini sangat manis dan juga gurih khas di setiap gigitannya.

Permen Tape

Permen tape adalah satu lagi camilan berbahan dasar gula khas Indonesia. Permen tape terbuat dari gula dan tape singkong yang dicampur kemudian dimasak hingga matang dan dicetak sesuai selera. Biasanya, permen tape berbentuk kotak kecil atau persegi panjang.

Itulah beberapa camilan manis yang berbahan dasar gula khas Indonesia. Mana nih camilan kesukaanmu Sahabat Fimela?