Sukses

Lifestyle

Sehat dan Lezat, Ini 5 Olahan Makanan yang Terbuat dari Tomat

Fimela.com, Jakarta Buah atau sayur tomat merupakan bahan makanan yang kaya akan manfaat buat kesehatan. Tomat juga merupakan bahan makanan yang memiliki rasa lezat serta menggugah selera. Kalau bicara mengenai tomat, umumnya kita akan menggunakan tomat sebagai bahan tambahan dalam masakan ya Sahabat Fimela.

Namun, selain menjadi bahan atau bumbu tambahan masakan, tomat juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan lezat dan sehat. Adapun olahan makanan yang terbuat dari tomat tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Saus Tomat

Saus tomat adalah olahan makanan yang sering kita jumpai. Sesuai dengan namanya, saus tomat terbuat dari bahan dasar tomat. Saus tomat ada yang rasanya pure tomat dengan rasa segar tapi ada pula yang ditambahkan sedikit cabai hingga tercipta rasa saus tomat pedas.

2. Jus Tomat

Selain diolah menjadi saus, tomat juga bisa dijadikan sebagai jus yang lezat dan sehat. Jus tomat adalah buah tomat yang diblender bersama sedikit gula, susu dan air es. Jika ingin jus ini lezat, blender tomat tanpa gula dan susu kemudian saring lalu minum.

3. Salad Tomat

Untuk olahan dari tomat selanjutnya adalah salad tomat. Potong buah tomat kecil-kecil sesuai selera, campur bersama potong buah atau sayur lainnya kemudian tambahkan saus mayones, keju parut, yogurt dan susu. Jika tak susu salad yang manis, kita cukup menambahkan sedikit garam dan lada bubuk ke salad sayur dan buah berbahan dasar tomat ini.

4. Tomat Panggang

Untuk mengonsumsi tomat dengan cara yang cukup beda namun tetap lezat dan sehat, kita bisa memanggang tomat. Tusuk tomat dengan tusuk sate kemudian panggang hingga layu. Agar rasa tomat semakin gurih, kita bisa mengoleskan margarin ke kulit tomat. Sebaiknya, tomat yang digunakan untuk tomat panggang adalah tomat ceri.

5. Tomat Goreng (Fried Red Potato)

Selain dipanggang, tomat juga bisa diolah dengan cara digoreng. Caranya sangat mudah, siapkan teflon yang telah diolesi margarin, iris tomat sesuai selera kemudian letakkan di atas teflon. Tambahkan garam, lada dan bumbu lainnya seperti bawang bubuk agar rasa tomat goreng ini semakin menggugah selera.

Itulah beberapa olahan makanan yang terbuat dari tomat. Selain makanan di atas, makanan lain yang juga bisa dibuat dari tomat adalah sambal tomat khas Indonesia. Tomat juga bisa dipakai sebagai bumbu masakan tambahan seperti halnya pada masakan ikan dan masakan daging.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading