Sukses

Lifestyle

Persiapkan Hal-Hal Berikut Untuk Beradaptasi Tinggal di Luar Negeri

Bagi seseorang yang untuk pertama kalinya pergi ke luar negeri tentu seringkali merasa canggung saat akan melakukan banyak hal. Meski sebelumnya sudah melakukan observasi, membaca guide, atau mendengarkan tips dan trik dari mereka yang sudah pernah tinggal di luar negeri, rasa was-was tersebut tak bisa hilang begitu saja. Nah, bagi Ladies yang akan pergi ke luar negeri dan akan tinggal disana untuk beberapa waktu, dilangsir dari internations.org, penting untuk memperhatikan beberapa tips berikut ini nih, Ladies.

Ketika seseorang sudah nyaman dan terbiasa dengan adat dan kebiasaan tertentu, mereka cenderung sulit untuk mengubahnya dan menyesuaikannya dengan lingkungan baru tempat mereka tinggal. Mereka pun akhirnya lebih memilih untuk tetap melakukannya dan mencari jalan keluar lain yang masih berhubungan dengan kebiasaan hidup mereka tersebut. Untuk saat-saat pertama, hal ini wajar-wajar saja, Ladies. Namun, dalam berjalannya waktu, wajib nih Ladies untuk belajar dan menyesuaikan diri hingga benar-benar merasa nyaman. Untuk mempermudah proses penyesuaian diri ini, Ladies bisa memulainya dari hal-hal yang familier terlebih dahulu, misalnya berkaitan dengan transportasi, makanan, dan sebagainya. Di beberapa negara, misalnya, harga nasi atau beras sangatlah mahal dan bahkan sulit didapatkan. Tentu hal ini akan menyulitkan seseorang yang tidak bisa merasa kenyang kalau tidak makan nasi. Nah, jalan keluarnya Ladies bisa mencari alternatif makanan lain dengan kadar kalori yang sama dengan porsi harian Ladies. Tambahlah asupan sayur, buah dan susu, misalnya.

Sesekali makan nasi atau makanan berbahan beras sah-sah saja kok. Tapi, jika harus melakukannya untuk setiap kali waktu makan di setiap harinya, wah bisa-bisa pengeluaran Ladies akan membengkak parah. Jadi, lebih baik mencari alternatif dan tambahan asupan dari makanan lain atau menderita kantong kering, Ladies? Pilihan dan resiko tentu ada di tangan Ladies sendiri.
Hal selanjutnya adalah perilaku atau tata krama. Ingat ‘kan Ladies dengan peribahasa dimana langit dipijak disanalah langit dijunjung? Maksudnya, meski Ladies tak perlu menjadi orang lain, perhatikanlah lingkungan dan adat kebiasaan yang berlaku dimana Ladies berada. Kadang orang terlalu terpaku dengan hal apa yang mereka sendiri anggap nyaman namun kadang dapat mengganggu orang lain. Sudah pasti, ini contoh yang salah nih Ladies. Aneh memang, karena terkadang hal yang kita anggap wajar dan baik justru dianggap aneh dan tidak sopan oleh orang-orang di negara tertentu. Penyesuaian awal mungkin membuat stress dan melelahkan, Ladies. Tapi, jangan khawatir Ladies. Justru inilah kesempatan bagi Ladies untuk belajar hal-hal baru dan nantinya Ladies dapat terbiasa menyesuaikan diri dengan mudah jika pergi ke lain tempat.


Secara umum, hal utama yang harus dipegang ketika menjadi warga baru di suatu tempat dengan budaya dan kebiasaan asing, serta ketika dalam proses penyesuaian diri adalah untuk bersikap sabar, rendah hati, bertoleransi, saling menghormati, dan membuka diri.

Oleh: -Tys-

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading