Sukses

Lifestyle

Ketika Pernikahan Berbau Mertua

Sebetapa indahnya pernikahan Anda, pasti tetap ada masalahnya, Ladies. Berbagai masalah dalam pernikahan Anda tentu bukan bermaksud untuk menghancurkannya hingga membuat Anda terpisah dengan suami dan keluarga Anda, kan, Ladies. Melainkan adanya masalah bisa menjadi cara untuk membuktikan betapa kokohnya pernikahan Anda yang terbalut cinta.

Salah satu masalah yang akan menantang kekokohan pernikahan Anda adalah adanya andil mertua dalam masalah-masalah tertentu. Anda sebagai ‘pendatang baru’ memang mungkin sengaja dipojokkan atas alasan tertentu yang Anda sendiri tak memahaminya. Ketika sudah begini, suami Anda sebagai ‘orang dalam’ yang Anda harapkan dapat mengatasinya.

Namun ternyata Ladies, suami Anda pun mengalami masalah peperangan batin yang lebih hebat. Saat Anda memintanya untuk menyampaikan pada pihak keluarganya untuk memahami keputusan rumah tangga Anda sendiri, dia pun mungkin sudah lebih dulu diminta hal yang sama oleh keluarganya. Wah, jangan sampai ada perang dunia ketiga nih.

Bila itu yang Anda hadapi, cobalah langkah penyelesaian masalahnya seperti yang disarankan Huffingtonpost.com berikut ini. Yakinilah bahwa tak ada masalah yang tak bisa diselesaikan.

Coba renungkan dulu apa yang Anda inginkan dari suami Anda. Dalam perenungan Anda, pahami posisi suami Anda sebagai kepala keluarga di rumah tangga Anda dan anggota keluarga di keluarganya. Bila sudah paham, Anda bisa merenungkan solusinya dengan lebih pas tanpa dilandasi kemarahan.

Setelah Anda renungkan dan dapatkan solusi terbaik yang tak akan merugikan pihak siapapun, lakukan langkah kedua, yakni sampaikan pada suami Anda. Sampaikan dengan diksi yang baik, Ladies. Pastikan Anda tak memberikan kesan bahwa Anda menjelekkan orangtua suami Anda sendiri atau bahkan memojokkannya yang menurut Anda tak kunjung membantu menyelesaikan masalahnya.

Setelah itu, Ladies, biarkan dia yang tentukan cara terbaiknya untuk menyampaikan pada orangtuanya sendiri. Bagaimanapun, suami Anda lebih memahami maksud tindakan dan sikap orangtuanya sebagaimana dia memahami respon Anda. Pastikan masalah ini tak berlanjut menjadi masalah internal antara Anda dan suami, ya.

Eits, jangan heran deh, Ladies, sebab tak bisa dipungkiri ketika pernikahan sudah berbau mertua, masalah pun bisa melebar pada Anda dan suami. Beberapa akan mengungkit betapa pasangan Anda tak bisa tegas dan konsisten pada prinsip rumah tangganya sendiri. Bila sudah begini, pasangan Anda pun bisa tersinggung dan muncullah masalah baru.

Untuk itu, sekarang mulailah mengenali masalah dalam pernikahan Anda. Bila solusi yang ditawarkan tadi kurang mengena, Anda bebas untuk mencoba cara yang lain yang lebih bijak lagi, Ladies. Yang terpenting, jangan libatkan orang lain lagi ke dalam masalah Anda.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading