Sukses

Lifestyle

Mindful Eating, Alternatif Cara untuk Atur Berat Badan

Fimela.com, Jakarta Apa-apa yang masuk ke dalam tubuh kita merupakan faktor penting penentu berat badan. Untuk itu, ketika kita ingin mendambakan berat badan ideal, pola makan lah yang pertama kali harus diatur.

Di samping diet atur pola makan, cara lain yang bisa diterapkan untuk mencapai berat badan ideal adalah dengan mindful eating. Sudah pernah dengar tentang mindful eating?

Konsep mindful eating telah diuji secara klinis sebagai metode makan yang ideal untuk tubuh. Hal ini dipaparkan oleh Light House Slimming Center dalam sebuah pertemuan pada Rabu (19/12) kemarin.

Kunci dari mindful eating adalah fokus dan sadar akan momen yang kita alami, yakni dengan merasakan apa yang dialami oleh tubuh dan menyadari apa yang dimakan oleh tubuh, mulai dari rasa, aroma, tekstur, hingga warnanya. Kesadaran tersebut akan membuat kita menyadari rasa kenyang dan puas yang dirasakan tubuh, hingga kita tak sekadar menyantap dan mengingat "sensasi" dari makanan tersebut.

Dampak Mindful Eating kepada Berat Badan

Dengan makan secara sadar dan perlahan, kita dapat memberi waktu kepada tubuh untuk menerima sinyal kenyang. Idealnya, sinyal kenyang itu diterima tubuh dalam kurun waktu 20 menit. Saat kita makan perlahan, pencernaan pun akan bekerja dengan lebih baik.

Itu semua akan menjadi fondasi yang kokoh untuk membangun kebiasaan makan sehat dan teratur, sehingga mengontrol berat badan pun jadi lebih mudah ketimbang sekadar memangkas porsi makan tapi banyak excuse untuk cheating.

So, Sahabat Fimela yang sedang ingin mengontrol berat badan, coba mulai pahami konsep mindful ini dulu, deh!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading