Mengenal Berbagai Jenis Pisang dan Olahannya yang Lezat Menggugah Selera

Mimi Rohmitriasih20 Des 2018, 14:45 WIB
Pisang

Fimela.com, Jakarta Pisang merupakan buah yang bisa ditemukan dengan mudah di pasaran. Pisang sendiri ada beragam jenisnya. Pisang juga memiliki beragam rasa dan aroma, mulai dari yang rasanya sangat manis hingga sedikit asam. Pisang adalah buah yang lezat, sehat dan kaya manfaatnya tentunya.

Ngomongin soal pisang, kali ini Fimela mengajak Sahabat Fimela mengenal berbagai macam jenis pisang di pasaran. Mulai dari pisang yang enak disantap secara langsung atau pisang yang enak jika sudah diolah menjadi makanan tertentu. Apa saja jenis pisang tersebut? Simak yang berikut ini.

Pisang Ambon

Jenis pisang yang pertama adalah pisang Ambon. Pisang ini memiliki rasa yang manis dan aroma wangi. Teksturnya juga lembut sehingga cocok jika dikonsumsi secara langsung. Pisang Ambon juga biasa diberikan sebagai MPASI atau Makanan Pendamping ASI bayi. Jika ingin mengolah pisang Ambong, pisang ini cocok diolah sebagai smoothie, kue bolu juga kolak pisang.

Pisang Kepok

Jenis pisang selanjutnya ada pisang kepok. Pisang kepok memiliki rasa manis dengan daging buah lebih padat dan kenyal. Pisang kepok sangat cocok diolah menjadi pisang goreng, pisang pasir, kolak pisang juga keripik pisang. Jika belum matang, pisang kepok memiliki rasa yang sedikit sepat sehingga tidak cocok dikonsumsi secara langsung.

Pisang Tanduk

Untuk jenis pisang selanjutnya ada pisang tanduk. Dibandingkan pisang lainnya, pisang tanduk ukurannya lebih besar dan memanjang. Pisang tanduk memiliki rasa yang manis dengan sedikit rasa sepat juga asam. Pisang tanduk cocok diolah menjadi pisang goreng, kolak pisang dan isian pada jajanan tradisional seperti nagasari juga molen.

Pisang Mas

Ini adalah pisang yang berukuran kecil-kecil. Pisang mas memiliki rasa manis dengan sedikit rasa asam. Meski begitu, pisang mas bisa dinikmati secara langsung. Jika ingin mengolah buah pisang mas, sebaiknya pisang mas diolah menjadi smoothie dan bahan utama untuk membuat cake juga brownies pisang.

Pisang Susu

Jenis pisang selanjutnya adalah pisang susu. Pisang susu memiliki bentuk sedikit bulat memanjang. Dibandingkan dengan jenis pisang lainnya, pisang susu bisa dibilang cukup gemuk. Rasa pisang susu manis dengan sedikit rasa asam. Hampir sama dengan pisang mas, pisang susu lezat jika dinikmati secara langsung. Untuk olahan, pisang susu cocok diolah menjadi pisang cokelat aroma, pisang bakar dan pisang bakar.

Pisang Nangka

Ini bisa dibilang sebagai jenis pisang yang cukup unik. Saat matang, kulit pisang nangka akan tetap berwarna hijau. Rasa pisang nangka manis dan tekstur dagingnya tidak terlalu lembut seperti daging buah pisang lainnya. Pisang nangka cocok diolah menjadi pisag goreng tepung, pisang bakar penyet dan kolak pisang.

Itulah berbagai jenis pisang yang bisa ditemukan di Indonesia. Selain pisang di atas, ada lain jenis pisang lain seperti pisang cavendish dan pisang uli. Semoga informasi ini bermanfaat.