Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Cimol, Cilok dan Pentol

Mimi Rohmitriasih20 Des 2018, 16:30 WIB
Cilok

Fimela.com, Jakarta Indonesia sejak dulu dikenal sebagai salah satu negara dengan beragam kulinernya. Untuk camilan dan jajanan, Indonesia juga punya memiliki beragam jajanan. Bicara mengenai jajanan khas Indonesia, kita semua tentu sudah tak asing lagi dengan cimol, cilok dan pentol. Rasanya yang gurih dipadukan dengan saus sambal, saus kacang atau saus tomat yang lezat, menjadikan jajanan ini sulit buat ditolak kelezatannya.

Untuk cimol, cilok dan pentol, meski ketiganya terbuat dari bahan yang sama yakni tepung, bentuknya mirip satu sama lain dan memiliki rasa yang sama-sama gurih, tiga jajanan ini ternyata berbeda antara satu dengan lainnya. Kira-kira apa bedanya? Simak yang berikut ini.

Cimol

Cimol adalah jajanan atau makanan yang berasal dari Jawa Barat. Cimol berasal dari kata aci digemol yang berarti tepung kanji dibuat bulat-bulat. Cimol dimasak dengan cara digoreng. Ya, setelah dibentuk bulat-bulat dan diberi bumbu juga bahan lainnya, cimol digoreng hingga matang dan mengembang.

Dalam penyajiannya, cimol bisa disajikan bersama saus kacang dan saus sambal. Tapi ada juga yang menyajikan cimol dengan cara diberi bumbu bubuk dengan rasa pedas, bbq, keju, jagung manis dan masih banyak lagi. Cimol memiliki tekstur yang kering di luar dan kenyal di dalam. Rasanya gurih menggugah selera.

Cilok

Cilok juga merupakan jajanan atau makanan yang berasal dari Jawa Barat. Cilok berasal dari kata aci dicolok atau aci yang dimakan dengan cara dicolok (ditusuk). Sama dengan cimol, cilok juga terbuat dari aci atau tepung kanji. Jika cimol dimasak dengan cara digoreng, cilok dimasak dengan cara dikukus.

Dalam penyajiannya, cilok juga disajikan bersama saus kacang, saus sambal, saus kecap dan saus tomat. Agar rasa cilok semakin lezat dan menggugah selera, dalam pembuatannya cilok dicampur dengan daging cincang baik itu daging ayam atau sapi, tengahnya diisi telur puyuh, disajikan bersama gorengan yakni pangsit dan mie buat goreng dan tahu isi.

Pentol

Jika cimol dan cilok berasal dari Jawa Barat, pentol adalah jajanan yang berasal dari Jawa Timur. Pentol terbuat dari tepung kanji dengan sedikit tambahan daging sapi dan daun bawang juga daun seledri. Pentol dimasak dengan cara dibentuk bulat-bulat kemudian direbus pakai air mendidih hingga mengapung seperti pembuatan bakso.

Dalam penyajiannya, pentol disajikan bersama saus tomat, saus kecap atau saus kacang pedas sesuai selera. Menyantap pentol bisa dengan kuah maupun tanpa kuah.

Itulah perbedaan cimol, cilok dan pentol. Jangan sampai salah dalam membedakannya lagi ya?