8 Perubahan Gaya Hidup Sederhana yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Annissa Wulan21 Des 2018, 15:30 WIB
Ilustrasi diet

Fimela.com, Jakarta Sedang berkomitmen untuk menurunkan berat badan? Menurunkan berat badan tidak hanya persoal mengubah pola makan dan melakukan olahraga secara rutin, namun juga tentang pola hidup secara keseluruhan.

Dilansir dari purewow.com, Jumat (21/12/2018), berikut ini adalah beberapa perubahan gaya hidup yang sederhana, namun dapat membantu menurunkan berat badan. Penasaran apa saja?

1. Mengganti pesanan kopi

Tidak bisa menjalani hari tanpa minum kopi? Kalau begitu, cobalah mengganti pesanan kopi yang biasanya.

Daripada memesan latte dengan sirup manis, mengapa tidak mencoba kopi hitam tanpa krim dan gula? Jika minum kopi bisa dinegosiasi, cobalah beralih mengonsumsi teh hijau.

Studi dari American Physiological Society menunjukkan bahwa orang-orang yang minum teh hijau memiliki indeks BMI dan lemak tubuh yang lebih rendah. Apa kopi yang biasa dikonsumsi sehari-hari?

2. Belanja dengan lebih cermat

Ada dua aturan yang harus diikuti ketika belanja, yaitu jangan pernah masuk ke toko tanpa daftar belanja yang jelas dan jangan pernah belanja dengan perut kosong. Daftar belanja dapat membantu agar tidak impulsif, sedangkan perut kosong cenderung akan membuat seseorang menginginkan segala hal ketika belanja.

3. Menambahkan lemon ke air yang dikonsumsi

Jeruk memiliki sifat diuretik dan bisa membantu meningkatkan metabolisme, walaupun secara singkat.

4. Mencoba jenis happy hour yang baru

Terbiasa menghabiskan waktu santai dengan minum-minum bersama teman dekat? Mengapa tidak coba diganti dengan mengikuti kelas olahraga tertentu yang bisa bantu menurunkan berat badan?

 

Mengubah gaya hidup dengan beberapa cara ini dapat bantu menurunkan berat badan

Ilustrasi diet
Ilustrasi diet. Sumber foto: pexels.com/Public Domain Pictures.

 5. Membawa tas gym saat berangkat kerja

Untuk menghindari godaan melewatkan kelas olahraga atau waktu gym yang rutin, bawa tas gym saat berangkat kerja. Cara ini membuat tidak ada alasan untuk kembali ke rumah dan merasa malas.

6. Makan dengan benar

Otak membutuhkan waktu untuk memproses perasaan kenyang. Inilah pentingnya mengunyah makanan sebanyak 25 kali untuk membantu tubuh agar tidak makan secara berlebihan.

7. Berhenti ngemil di tengah malam

Untuk mencegah keinginan makan atau ngemil di tengah malam, sikat gigi sebelum tidur secara rutin. Masih suka ngemil di tengah malam?

8. Tidur lebih cepat

Hal ini kedengarannya memang sederhana, namun tidur larut hanya akan memperburuk kondisi tubuh, terutama bagi yang justru ingin menurunkan berat badan. Tidur bukan sesuatu yang harus dihemat. Para peneliti di University of Pennsylvania menemukan bahwa kurang tidur selama beberapa hari dapat menyebabkan kenaikan berat badan seketika.

Lanjutkan Membaca ↓