Sukses

Lifestyle

Kini Program Bayi Tabung Tak Lagi Memerlukan Biaya Mahal

Fimela.com, Jakarta Bayi tabung menjadi salah satu solusi bagi pasangan suami istri yang belum memiliki momongan. Namun, banyak pasutri melalukan program bayi tabung karena terpontok biaya. 

Tapi permasalahan biaya kini dapat diselesikan menggunakan program bayi tabung pintar atau Smart IVF, yang digagas PT Ingin Anak menghadirkan . 

Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG(K), MPH selaku pendiri Smart IVF mengatakan Smart IVF ini memiliki keunggulan diantaranya SDM dengan kompetensi tinggi, tersedianya teknologi dan metode IVF terdepan, adanya laboratorium penunjang seperti laboratorium embriologi, serta jaringan kerja yang luas.

Prof. Budi menambahkan, dari jumlah 9.122 siklus bayi tabung yang dilakukan pada 2017 di Indonesia, terdapat 2.467 siklus yang menghasilkan kehamilan. Persentasi kehamilan yang terbesar terdapat pada usia kurang dari 35 tahun, yaitu sebesar 17,46 persen, disusul dengan kehamilan pada usia 35-37 tahun (6,01 persen), usia 38-40 tahun (3,49 persen), 41-42 tahun (1,16 persen), dan yang paling rendah pada usia di atas 42 tahun (1 persen).

"Hadirnya program bayi tabung pintar yang canggih, modern, terjangkau, reproduktif, dan berteknologi tinggi lewat SMART IVF diharapkan dapat menjadi salah satu pilihan dan membantu mereka yang membutuhkan," ujar Prof. Budi saat ditemui di Jakarta.

Ia mengatakan, jumlah klinik IVF sampai saat ini masih rendah yaitu 32 klinik yang tersebar di seluruh Indonesia

Lebih terjangkau

dr. Yassin Yanuar Mohammad, SpOG(K), MSc juga menjelaskan program ini dibandrol 38 juta per siklus. Menurutnya, proses bayi tabung pintar ini sama dengan program bayi tabung lainnya yang melewati 8 tahapan, yaitu pemeriksaan USG, hormon, saluran telur dan sperma, penyuntikan obat untuk membesarkan sel telur, penyuntikan obat penekan hormon, pengambilan sel telur, pembuahan, pengembangan embrio, penanaman embrio serta tahap menunggu hasil. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading