Ini Alasan Perempuan Lebih Sulit Menurunkan Berat Badan

Karla Farhana22 Des 2018, 17:00 WIB
[Fimela] Workout

Fimela.com, Jakarta Dalam banyak hal, perempuan dan pria kerap dibandingkan. Termasuk dalam masalah diet. Perempuan kerap dianggap lebih sulit menurunkan berat badan dibandingkan pria. 

Meskipun hal ini tidak selalu benar, namun anggapan ini masih dipercaya banyak orang. Mungkin karena tidak banyak pria mengeluh secara gamblang mengenai kegagalan dietnya. 

Namun, bagaimana jika hal ini dilihat dari sisi sains? Ternyata hal ini bukan hanya anggapan belaka. Menurut sebuah studi, tulis New York Post, pria memang hanya memerlukan 2 bulan menjalani diet untuk menurunkan berat badan sekitar 11%. 

Sayangnya, mayoritas berat badan perempuan hanya bisa turun tidak lebih dari 10 kg, dalam jangka waktu yang sama, bahkan dengan yang sama pula. 

Selain itu, Jurnal Diabetes, Obesitas, dan Metabolisme pun sudah menelaporkan hasil penemuan dalam sebuah penelitian yang hasilnya sama dengan angka di atas!

 

Ternyata, masalahnya ada pada letak lemak. Kebanyakan, lemak yang menumpuk pada tubuh pria berada di perut. Sementara perempuan lebih banyak memiliki tumpukan lemak di paha, bokong, dan panggul. 

Ketika lemak perut pria terbakar dengan olahraga dan juga diet rendah lemak, proses itu akan meningkatkan metabolisme tubuh mereka. Sehingga, berat badannya lebih cepat turun dan lemak di bagian tubuh lainnya pun ikut lebih cepat terbakar.

Tapi, jangan patah semangat untuk berolahraga dan menjalani gaya hidup sehat. Karena jika sahabat Fimela dapat menjalaninya dengan tekun dan dengan pikiran positif, diet akan berhasil. Semangat olahraga dan menjalani hidup sehat, ya!