Sejarah Batagor, Jajanan Khas Bandung dengan Cita Rasa Istimewa

Mimi Rohmitriasih21 Des 2018, 11:45 WIB
Batagor

Fimela.com, Jakarta Bagi Sahabat Fimela yang suka dengan kuliner khas Jawa Barat khusunya Bandung, tentunya sudah tak asing lagi dengan kuliner bernama batagor. Batagor sendiri adalah kudapan bakso tahu goreng dengan saus kacang yang gurih, lezat dan pastinya menggugah selera.

Ngomongin soal batagor, ada kisah menarik dari terciptanya kuliner dengan cita rasa istimewa ini. Melansir dari laman pegipegi.com, batagor adalah kuliner yang dulu tercipta karena ketidaksengajaan.

Beberapa pendapat menyebut jika batagor adalah kuliner yang secara tidak sengaja dibuat oleh perantau asal Jawa Tengah yakni kang Isan sekitar tahun 1973 yang kala itu merantau di Bandung, Jawa Barat. Kang Isan adalah seorang penjual tahu bakso kukus keliling di daerah tempat tinggalnya di Bandung tepatnya di seputaran Jalan Kopo.

Namun sayang, tahu bakso jualannya tidak setiap hari habis. Selalu ada sisa dari tahu bakso jualannya. Agar tahu bakso tersebut tidak mubadzir, kang Isan pun membagi-bagikan sisa tahu baksonya ke para tetangganya. Suatu hari, tahu baksonya sisa banyak dan ia pun mencoba menggoreng tahu baksonya sebelum diberikan ke para tetangga. Menggoreng tahu bakso sendiri dilakukannya agar tahu bakso tersebut tidak mudah basi.

Tahu bakso yang telah digorengnya kemudian diberi saus kacang yang ia racik khusus. Rupanya, para tetangganya sangat suka dengan tahu bakso goreng tersebut. Para tetangganya juga mulai memesan tahu bakso goreng buatannya. Mulai saat itulah, kang Isan membuat kuliner yang kini disebut sebagai batagor.

Seiring dengan berjalannya waktu, kang Isan membuka kedai batagor sendiri di Jalan Bojongloa. Batagor buatan kang Isan dikenal dengan batagor H. Isan yang selama ini dikelola oleh bapak Isan sendiri juga anak-anaknya.

Melansir dari laman kaskus.com, bapak Isan sendiri sudah meninggal dunia sejak tahun 2010 lalu. Meski begitu, jasanya menciptakan batagor telah menginspirasi banyak orang dan patut dikenang. Bapak Isan juga dikenal sebagai Bapak Batagor Indonesia. Batagor juga telah dikenal oleh banyak masyarakat Indonesia dan tersebar luas di berbagai kota di Indonesia.