Sukses

Food

4 Cara Menyimpan Sayur Kembang Kol agar Tahan Lama

Fimela.com, Jakarta Kembang kol merupakan salah satu sayuran yang bernutrisi tinggi. Kembang kol juga memiliki rasa yang lezat dan bisa diolah menjadi berbagai macam masakan yang menggugah selera.

Kembang kol juga merupakan salah satu sayuran yang bisa dengan mudah ditemukan di pasar tradisional maupun toserba. Biasanya, kembang kol cocok disajikan sebagai sub, kembang kol goreng, tumis atau dipanggang. Jika ingin membeli dalam jumlah besar sebenarnya bisa karena kembang kol mudah disimpan dalam waktu lama.

 

 

1. Simpan di kulkas

Tidak seperti sayur lainnya yang mudah layu dan busuk, kembang kol bisa bertahan selama berhari-hari dan tetap segar juga berkualitas baik. Dengan catatan, kembang kol disimpan dengan cara dan tempat tepat. Lalu seperti apakah cara menyimpan kembang kol yang baik agar awet tahan lama dan tidak busuk? Cek sekian cara berikut ini!

Dilansir dari laman Mashed.com, cara tepat untuk menyimpan kembang kol yang baik agar awet tahan lama adalah simpan di dalam lemari es atau kulkas. Suhu dingin kulkas akan memperlambat proses pembusukan pada sayuran.

2. Beli dalam keadaan segar 

Saat membeli kembang kol, usahakan untuk membeli kembang kol yang bersih dan segar, atau terlihat baru saja dipanen. Hindari membeli kembang kol yang terdapat bintik-bintik hitamnya atau dalam keadaan layu. Adanya bintik-bintik hitam ini menandakan kembang kol sudah mulai rusak dan membusuk.

3. Cuci bersih dan potong jadi empat

Setelah kembang kol terbeli, cuci bersih kembang kol kemudian potong menjadi empat bagian. Potongan kembang kol dari arah atas sampai ke arah bawah batang kembang kol. Jika sudah, diamkan kembang kol sebentar hingga air bekas cuciannya kering. Selanjutnya, masukkan kembang kol ke wadah plastik yang sudah diberi lubang atau ke kantong kertas. Simpan kembang kol di lemari es.

 

4. Jangan simpan dalam keadaan basah

Agar kembang kol tidak mudah busuk, pastikan tidak menyimpannya dalam keadaan masih basah karena habis dicuci. Keringkan dulu kembang kol, bisa ditaruh di bawha sinar matahari sebentar, setelah kering, bungkus dengan kertas dan plastik, lalu simpan di dalam kulkas. 

Dengan sekian cara penyimpanan ini, kembang kol mentah bisa bertahan hingga 5 sampai 7 hari. Sedangkan jika disimpan di luar lemari es atau di suhu ruangan, kembang kol bisa bertahan hingga 2 hari.

Itu dia cara menyimpan sayur kembang kol yang mudah dan tepat. Semoga cara ini bermanfaat.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading