Sukses

Lifestyle

Sahabat Fimela, Ini Cara Merebus Kacang Hijau Agar Cepat Empuk

Fimela.com, Jakarta Kacang hijau merupakan salah satu sumber nutrisi yang sangat baik buat kesehatan tubuh. Kacang hijau juga bisa menjadi makanan yang sangat lezat ketika diolah dengan cara yang tepat. Salah satu olahan kacang hijau yang paling populer dan digemari adalah bubur kacang hijau.

Untuk memasak bubur kacang hijau, kita cukup merebus kacang hijau agar empuk kemudian menambahkan gula, sedikit garam, daun pandan dan santan. Namun, masalah yang sering kita hadapi saat merebus kacang hijau adalah kacang tersebut tidak lekas empuk. Cara merebus kacang hijau yang tidak tepat bahkan membuat kacang tetap keras.

Untuk merebus kacang hijau agar cepat empuk, begini caranya Sahabat Fimela.

  1. Sebelum merebus kacang hijau, cuci bersih biji kacang hijau.
  2. Selanjutnya rendam kacang hijau di dalam air dingin kira-kira selama 3 sampai 4 jam. Merendam biji kacang hijau ini akan membuat kacang hijau lebih mudah empuk.
  3. Saat merebus kacang hijau, usahakan agar merebus air hingga mendidih dulu kemudian masukkan kacang hijau. Tunggu selama 3 menit, matikan kompor dan diamkan rebusan kacang hijau kira-kira selama 30 menit sampai 1 jam.
  4. Rebus lagi kacang hijau selama beberapa menit dan kacang hijau pun akan lebih mudah empuk serta matang merata.
  5. Jika kacang hijau sudah empuk dan mekar, kita bisa memasak kacang hijau sebagai bubur atau olahan lainnya.
  6. Selama merebus kacang hijau, pastikan menggunakan api dengan suhu sedang. Suhu api jangan terlalu kecil atau terlalu besar. Suhu yang kecil akan membuat kacang hijau lebih lama matangnya. Sedangkan suhu api besar akan membuat air rebusan kacang hijau lebih cepat asat atau kering.

Itulah cara merebus kacang hijau agar lebih cepat empuk. Cara yang sangat mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga tips dapur ini bermanfaat.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading