5 Jenis Tahu Paling Populer dan Sering Dikonsumsi Masyarakat Indonesia

Mimi Rohmitriasih22 Des 2018, 16:38 WIB
Tahu Tofu

Fimela.com, Jakarta Tahu merupakan bahan makanan yang tak hanya memiliki rasa lezat tetapi juga kaya akan nutrisi dan menyehatkan. Tahu juga menjadi makanan paling populer di Indonesia. Meski asal mula tahu bukan dari Indonesia melainkan Tiongkok, China, di Indonesia sendiri tahu telah memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat.

Seiring dengan berjalannya waktu, tahu juga diolah menjadi berbagai macam masakan. Tahu juga terus mengalami perkembangan sehingga memiliki beragam jenis. Dari sekian banyak jenis tahu yang ada, inilah sedikitnya 5 jenis tahu paling populer dan sering dikonsumsi masyarakat Indonesia.

1. Tahu Putih

Tahu putih adalah tahu yang selalu ada di pasaran. Tahu putih memiliki rasa yang cukup hambar namun dengan proses pemasakan yang tepat, tahu putih bisa menjadi makanan yang sangat menggugah selera. Tahu putih memiliki tekstur padat dan pori yang cukup besar. Tahu putih bisa dimasak dengan cara digoreng, ditumis, dibuat sup atau dipepes hingga dibuat perkedel.

2. Tahu Kuning

Jenis tahu selanjutnya yang sangat populer adalah tahu kuning. Warna kuning pada tahu berasal dari rempah kunyit yang dimanfaatkan untuk merendam tahu sebelum dikemas. Salah satu kota yang sangat terkenal dengan tahu kuningnya adalah Kediri. Di Kediri, Jawa Timur, tahu kuning juga biasa disebut sebagai tahu takwa. Tahu kuning bisa diolah dengan cara digoreng, ditumis dan sebagai isian sup.

Tahu Pong hingga Tahu Bulat

Tahu Tofu
Ilustrasi/copyright pixabay.com/focusonpc

3. Tahu Pong

Jika tahu putih dan tahu kuning teksturnya lebih padat, tahu pong teksturnya lebih alot. Warna tahu pong umumnya kuning kecoklatan. Tahu pong adalah tahu yang telah digoreng pakai minyak yang sangat panas hingga mengembang dan bolong di bagian tengahnya. Tahu pong memiliki rasa yang gurih karena telah ditambahkan garam sebelum maupun setelah digoreng. Tahu pong cocok disantap secara langsung bersama sambal petis, sambal kecap atau sambal bawang. Untuk masakan yang terbuat dari tahu pong antara lain kari tempe dan tahu, sayur lodeh, semur dan tumis.

4. Tahu Bulat

Sejak beberapa tahun terakhir, tahu bulat menjadi salah satu camilan yang begitu populer di kalangan masyarakat. Tahu bulat memiliki rasa yang sangat gurih dan menggugah selera. Tahu bulat sendiri adalah tahu yang khas dari Tasikmalaya, Jawa Barat. Tahu bulat hampir mirip dengan tahu pong. Yang membedakan, tahu bulat digoreng secara dadakan sehingga cocok disantap selagi masih hangat bersama bumbu bubuk rasa-rasa.

5. Tahu Sutera

Tahu Sutera adalah tahu yang berasal dari Jepang. Tahu sutera memiliki tekstur yang sangat lembut, halus dan memiliki rasa yang sangat gurih. Tahu sutera juga sering disebut sebagai tofu. Biasanya tahu sutera dikemas dalam plastik dan sudah dibumbui. Tahu sutera cocok dijadikan tahu goreng, isian sup hingga dijadikan wedang bahkan puding.

Itulah beberapa jenis tahu yang paling populer dan sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Dari sekian banyak jenis tahu yang ada, mana nih tahu paling favoritmu Sahabat Fimela?

 

Lanjutkan Membaca ↓