Inspirasi Masakan Ayam yang Bisa Disajikan Saat Perayaan Natal

Mimi Rohmitriasih24 Des 2018, 08:05 WIB
Ayam Rica-rica

Fimela.com, Jakarta Hari Raya Natal tinggal menghitung hari. Buat Sahabat Fimela yang merayakannya, sudahkah menyiapkan apa saja yang akan disajikan saat Natal tiba buat keluarga tercinta?

Bicara mengenai sajian saat perayaan Natal, masakan dari bahan utama ayam nampaknya bisa menjadi pilihan tepat. Seperti yang kita tahu, daging ayam bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah selera. Daging ayam juga bisa ditemukan dengan sangat mudah di pasar tradisional maupun di supermarket. Dibandingkan dengan daging lainnya, daging ayam juga memiliki harga yang sangat terjangkau.

Sahabat Fimela, inilah beberapa inspirasi masakan ayam bisa disajikan saat perayaan Natal.

1. Ayam Rica-rica

Ayam rica-rica menjadi masakan khas Natal yang tentunya tak boleh dilewatkan begitu saja. Ayam rica-rica sendiri menjadi masakan wajib yang penting ada buat masyarakat Manado, Sulawesi. Ayam rica-rica yang dimasak dengan berbagai rempah dan rasanya pedas, sangat cocok disajikan untuk keluarga besar di moment bahagia Natal.

2. Ayam Woku

Ayam woku juga merupakan masakan yang berasal dari Manado, Sulawesi. Ayam woku dimasak berbagai macam bumbu rempah yang khas. Melansir dari laman wikipedia.com, masakan woku sendiri ada dua jenis. Jenis tersebut adalah woku balanga yang dimasak dengan belangga dan woku daun yang dimasak dengan daun. Tak hanya ayam, masakan woku juga bisa berbahan dasar daging dan ikan.

Ayam Panggang hingga Ayam Goreng

ayam goreng
ilustrasi/copyright pixabay.com/Sharonang

3. Ayam Panggang (Roast Chicken)

Untuk merayakan hari yang spesial dan penuh bahagia, kita bisa memasak daging ayam menjadi ayam panggang yang lezat. Ayam panggang bisa dimasak dengan bumbu sederhana berupa saus kecap pedas manis, saus lemon atau saus madu. Untuk membuat menu masakan ayam panggang yang lezat, kita bisa melihat berbagai macam resep ayam panggang di berbagai situs website kok Sahabat Fimela.

4. Ayam Bakar

Merayakan Hari Raya Natal juga bisa dilakukan dengan menyajikan menu masakan ayam bakar. Ayam bakar adalah menu masakan yang bakal disukai semua anggota keluarga. Disajikan bersama nasi putih hangat, paprika dan nanas bakar juga bawang bombay bakar serta sambal, sajian ayam bakar ini tentu menjadi sajian yang sangat rekomended. Tak hanya cocok disajikan saat Natal, ayam bakar juga cocok disajikan untuk menyambut Tahun Baru.

5. Ayam Goreng

Jika tak mau ribet memasak daging ayam dengan berbagai macam bumbu, kita bisa menyajikan daging ayam sebagai ayam goreng. Ayam goreng bisa berupa ayam goreng sederhana bumbu bawang ketumbar atau bisa juga sebagai ayam goreng krispi yang renyah dan menggugah selera yang dibuat pakai tepung bumbu serbaguna.

Itulah menu sajian ayam yang bisa menjadi inspirasi di Hari Natal nanti. Semoga bermanfaat. Oh iya, untuk mengetahui masakan khas Natal baik dari berbagai dunia maupun Nusantara, jangan lupa klik di sini ya.

Lanjutkan Membaca ↓