3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Memanggang Kue dengan Wajan Teflon

Endah Wijayanti26 Des 2018, 14:42 WIB
wajan teflon

Fimela.com, Jakarta Wajan teflon ternyata bisa digunakan untuk memanggang kue dan roti juga, lho. Bahkan wajan teflon bisa dijadikan alternatif oven untuk membuat roti atau kue yang enak. Tapi ada sejumlah hal penting yang harus diperhatikan saat memanggang kue dengan wajan teflon.

Saat ini sudah ada banyak resep kue dan roti yang proses pemanggangannya menggunakan wajan teflon. Untuk mendapatkan hasil kue dan roti yang sempurna, ada beberapa hal penting yang harus kita perhatikan. Berikut keterangan lengkapnya.

1. Tak Semua Jenis Roti dan Kue Cocok Dipanggang dengan Wajan Teflon

Penting sekali untuk memperhatikan konsistensi adonan kue yang kita pakai. Sebab tak semua jenis kue dan roti cocok dipanggang dengan wajan teflon. Kue dengan adonan yang terlalu encer sulit untuk matang sempurna. Yang paling cocok adalah kue dengan konsistensi adonan yang kental atau padat. Takaran bahan kering harus lebih banyak daripada bahan basah. Kue seperti martabak manis, wingko, cookies, bakpia, dan brownies padat masih dimungkinkan bisa dipanggang dengan wajan teflon.

2. Wajan Teflon Perlu Diolesi dengan Mentega/Margarin dan Tepung

Walau wajan teflon yang kita gunakan anti lengket, tetap penting mengolesi permukaannya dengan mentega atau margarin terlebih dahulu sebelum digunakan untuk memanggang kue atau roti. Kita juga bisa menaburi permukaan wajan dengan sedikit tepung agar adonan kue tidak terlalu menempel pada wajan dan mudah dilepaskan ketika sudah matang. Wajan perlu dipanaskan dulu selama beberapa menit sebelum digunakan untuk memanggang kue atau roti.

3. Pakai Api yang Paling Kecil saat Memanggang

Memanggang kue atau roti dengan wajan teflon kita harus benar-benar bersabar. Waktu yang dibutuhkan untuk memanggang bisa lebih lama daripada memanggang menggunakan oven. Gunakan api yang paling kecil untuk memanggang kue atau roti dengan wajan teflon. Bila dalam proses pemanggangan kue harus ditutup, kita jangan sampai terlalu sering membuka dan menutupnya ya. Tunggu kue matang sesuai dengan intruksi resep yang kita pakai.

Itu tadi tiga hal paling penting yang harus kita perhatikan bila memanggang kue atau roti dengan wajan teflon. Tantangan terberatnya adalah memastikan kue atau roti matang dengan sempurna. Biar nggak makin penasaran dengan hasilnya, langsung saja yuk coba membuat kue dan roti favorit pakai wajan teflon di rumah.