Sukses

Lifestyle

4 Tips Memanggang Brownies untuk Mendapatkan Hasil Sempurna

Fimela.com, Jakarta Membuat brownies panggang memang butuh latihan sendiri. Tak semua orang bisa mendapatkan hasil sempurna pada percobaan yang pertama. Brownies panggang yang tetap manis dan padat serta lembut memang butuh tips dan trik tersendiri dalam proses pembuatannya.

Ada empat hal paling dasar yang perlu kita perhatikan untuk membuat brownies panggang yang enak. Selengkapnya, yuk kita cari tahu di sini tipsnya satu per satu. Biar setelah ini kita bisa langsung mencoba membuatnya sendiri di rumah,

1. Mengaduk Adonan Pakai Hand Mixer, Gunakan Kecepatan Rendah

Umumnya kita menggunakan hand mixer untuk mengaduk adonan brownies. Tapi jangan sampai terlalu bersemangat mengaduknya, ya. Cukup gunakan kecepatan (speed) rendah untuk mengaduk adonan brownies. Adonan pun tak perlu diaduk terlalu lama karena nanti bisa membuat hasilnya jadi terlalu keras ketika dipanggang. Ketika adonan sudah tercampur rata, maka sudah siap untuk dipanggang.

2. Cokelat Leleh yang Masih Panas Jangan Langsung Dituang

Kalau kita menggunakan cokelat leleh sebagai salah satu bahan brownies, pastikan cokelat yang sudah dilelehkan didiamkan dulu beberapa saat. Dengan kata lain, cokelat lelah yang masih panas jangan langsung dituang ke dalam adonan karena nantinya malah bisa membuat telur matang serta cokelat jadi hangus saat dipanggang. Cokelat leleh perlu mencapai suhu ruang terlebih dahulu baru dituangkan ke dalam adonan. Kita bisa melelehkan cokelat dengan cara ditim menggunakan sedikti minyak. Bisa juga melelahkan cokelat dengan menggunakan microwave.

3. Panggang di Api Sedang Selama Kurang Lebih 30 Menit

Proses pemanggangan jangan terlalu lama, ya. Kalau terlalu lama, hasilnya nanti malah kering dan seret. Jadi kurang enak saat dimakan. Umumnya cuma butuh waktu sekitar 30 menit untuk memanggang brownies. Malah ada yang hanya butuh 20 menit untuk memanggang brownies. Kalau menggunakan oven kompor, panggang dengan api sedang.

4. Gunakan Loyang yang Sesuai dengan Banyaknya Adonan

Kalau pakai loyang yang kekecilan, nanti brownies jadi tidak bisa matang secara menyeluruh. Sedangkan kalau loyang yang dipakai kebesaran, hasilnya nanti bisa jadi bertekstur terlalu keras dan tidak lembut. Selain itu, brownies yang sudah selesai dipanggang perlu didiamkan dulu beberapa saat sampai agak dingin sebelum dipotong.

Itu tadi empat tips dasar untuk membuat brownies panggang yang enak. Semoga bermanfaat, ya. Sekarang saatnya untuk langsung coba bikin brownies sendiri di rumah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading