Cara Membersihkan Hand Mixer supaya Nggak Gampang Rusak

Endah Wijayanti27 Des 2018, 06:23 WIB
hand mixer

Fimela.com, Jakarta Hand mixer merupakan salah satu alat dapur yang paling banyak dimiliki para ibu di rumah. Dengan hand mixer, kita bisa berkreasi membuat aneka kue lezat. Agar hand mixer awet dan tahan lama, cara membersihkannya pun tak boleh sembarangan.

Kalau hand mixer tidak dibersihkan dengan benar, sisa makanan atau bahan yang menempel bisa menyebabkan bau dan bakteri yang mengganggu. Untuk itu, ada beberapa tips penting yang perlu kita perhatikan dalam membersihkan hand mixer agar tidak gampang rusak.

1. Segera Pisahkan Pengocok Setelah Digunakan

Setelah mixer selesai digunakan, cabut kabel listrik. Kemudian pisahkan bagian pengocoknya. Sementara itu, badan mixer bisa kita lap dengan tisu atau kain lap bersih. Pastikan tidak ada sisa bahan yang menempel di badan agar tidak mengundang bau tak sedap.

2. Rendam dalam Larutan Sabun

Untuk meluruhkan kotoran pada pengocok mixer, rendam dalam larutan sabun. Bisa juga ditambah dengan air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis. Rendam sekitar lima menit baru kemudian bisa digosok lembut menggunakan spons yang lembut. Kita juga bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran yang menempel di sela-sela pengocok.

3. Keringkan dengan Lap Bersih

Setelah pengocok selesai dicuci dan dibilas, kita bisa langsung mengeringkannya dengan lap bersih. Sebelum dimasukkan kembali dalam kardus atau disimpan di lemari, pengocok hand mixer harus dalam keadaan sudah kering. Agar tidak mengundang bakteri dan tidak lembap.

4. Badan Mixer Bisa Dibesihkan dengan Lap Basah

Lap yang bersih bisa dibasahi dengan air secukupnya, kemudian peras. Lalu gunakan untuk membersihkan badan mixer. Cukup dilap untuk meluruhkan kotoran yang menempel. Setelah itu bisa dikeringkan dengan bantuan tisu atau kain kering yang bersih.

Dengan cara tersebut, hand mixer bisa lebih awet dan tidak gampang rusak. Semoga infonya bermanfaat, ya. Kalau hand mixer di rumah tahan lama, kita bisa punya banyak waktu membuat aneka kreasi kue favorit kita.