Sukses

Lifestyle

Membuat Kue Putu Ayu yang Lembut, Simak Tipsnya yuk!

Fimela.com, Jakarta Siapa nih yang suka banget sama kue putu ayu? Kue putu ayu merupakan kue tradisioal yang sangat digemari karena rasanya yang manis. Putu ayu yang empuk dan lembut pun selalu jadi yang paling favorit.

Untuk membuat kue putu ayu yang empuk dan lembut, ada beberapa tips yang bisa kita coba. Agar rasa manis adonan bisa menyatu sempurna dengan gurihnya kelapa parut, ada sejumlah hal penting yang perlu diperhatikan dalam proses pembuatannya. Selengkapnya, langsung simak infonya di sini, ya.

 

Baca juga:

 

1. Telur dan Gula Dikocok Sampai Mengembang

Pernah membuat kue putu ayu yang malah "amblas" ketika dikukus? Penyebabnya bisa jadi karena saat proses pengocokan tidak sampai mengembang. Dalam proses pengocokan menggunakan mixer, telur dan gula perlu dikocok sampai mengembang dan kaku.

2. Pilih Tepung Terigu Protein Sedang

Tips yang satu ini juga penting. Tepung terigu protein sedang adalah yang paling cocok digunakan untuk membuat kue yang dikukus. Saat mencampurkan tepung terigu ke adonan, masukkan sedikit demi sedikit sambil diayak. Atau bisa juga tepung diayak terlebih dahulu sebelum dicampurkan ke adonan.

3. Aduk dengan Cara "Melipat"

Dalam proses pengadukan adonan dan tepung, kita bisa pakai spatula plastik. Cara mengaduknya juga sebaiknya dengan cara "melipat". Jadi, tidak dengan cara diputar atau dikocok. Tujuan dari proses mengaduk yang "melipat" ini adalah untuk mencegah kue jadi bantat saat dikukus. Sari pandan atau pasta pandan bisa dimasukkan setelah proses pencampuran tepung selesai. Tinggal diaduk sampai warna hijaunya merata.

4. Dandang atau Kukusan Harus Dipanaskan Terlebih Dahulu

Masukkan air secukupnya ke dalam dandang atau kukusan. Lalu panaskan sampai airnya mendidih sembari menyiapkan cetakan kue putu ayu dengan mengolesinya pakai mentega atau margarin. Masukkan kelapa parut pada cetakan, lalu padatkan. Setelah itu, tuang adonan putu ayu sampai sekitar 3/4 cetakan. Setelah itu, kukus kue putu ayu dalam dandang atau kukusan yang sudah panas. Proses pengukusan bisa menggunakan api besar selama 20 menit.

Itu tadi empat tips dan cara paling dasar untuk membuat kue putu ayu yang empuk dan lembut. Semoga setelah ini kita bisa langsung coba membuat sendiri kue putu ayu yang lebih sempurna.

 

Baca juga:

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading