Sukses

Food

Cara Memasak Talas agar Tidak Gatal, Begini Tipsnya!

Fimela.com, Jakarta Umbi talas bisa diolah jadi kudapan dan olahan yang enak. Bahkan hanya direbus atau dikukus saja, umbi talas sudah bisa langsung dikonsumsi dan dinikmati. Hanya saja menghilangkan rasa gatal pada talas butuh cara tersendiri.

Rasa gatal pada umbi talas berasal dari getahnya. Getah umbi talas mengandung zat kalsium oksalat. Zat tersebut sebenanya tak menyebabkan masalah serius pada tubuh manusia jika terkonsumsi. Cuma memang rasa gatal yang ditimbulkannya kadang membuat umbi talas jadi kurang nikmat dikonsumsi.

Cara menghilangkan rasa gatal pada umbi talas sebenarnya cukup mudah. Yuk, langsung kita ikuti langkah-langkahnya berikut ini. 

Pakai Sarung Tangan

Cara pertama adalah lapisi tangan dengan plastik atau sarung tangan karet agar getah talas tidak menempel pada tangan saat kita mengupasnya. Cara ini tak hanya membuat tangan  bebas gatal tetapi juga lebih bersih dan higienis. 

Kupas Ubi Talas

Kupas umbi talas yang akan kita konsumsi dari kulit luarnya. Saat mengupas usahakan untuk lebih hati-hati karena rasa gatal itu bisa saja membuat tangan kita terasa gatal saat proses pengupasan. Mengupas kulit talas akan membuat umbi talas lebih bersih dan mudah dicuci sehingga meminimalisir gatal yang ada. 

Lumuri permukaan umbi talas dengan garam. Lalu gosok-gosok permukaannya sampai getahnya hilang. Cara ini juga bisa membuat gatal pada talas berkurang. 

Potong Talas Sesuai Kebutuhan

Potong talas sesuai kebutuhan. Rendam dalam larutan garam bila getah masih banyak yang menempel.

Agar talas bisa benar-benar bersih dan bebas gatal, pastikan untuk mencuci dan bilas umbi talas sampai bersih sebelum diolah. Bagaimana, memasak talas agar tidak gatal sebenarnya cukup mudah, bukan? Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba mengolah talas di rumah. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading