Sukses

Lifestyle

Mengenal Baking Soda, Apa Fungsi dan Kegunaannya?

Fimela.com, Jakarta Selain baking powderada juga yang namanya baking soda dalam pembuatan kue. Baking soda ini juga umumnya dikenal dengan nama soda kue. Biasanya digunakan untuk membuat kue kering agar dapat menghasilkan tekstur kue yang garing dan renyah. Selain itu baking soda juga kadang digunakan untuk bahan tambahan dalam pembuatan gorengan atau kulit tepung untuk ayam goreng.

Baking soda terdiri dari bahan kimia natrium bikarbonat atau sodium bikarbonat. Bentuknya serbuk berwarna putih halus. Baking soda ini juga punya fungsi sebagai pengembang. Untuk tahu lebih jauh soal baking soda, yuk simak infonya berikut ini.

Fungsi Baking Soda sebagai Bahan Pengembang

Baking soda bisa membentuk gelembung-gelembung gas karbondioksida ketika bereaksi dengan bahan-bahan kue lainnya, sehingga kue atau roti yang dibuat bisa mengembang. Baking soda bisa bekerja dengan baik bila dikombinasikan dengan bahan asam lainnya, seperti sour cream, air perasan jeruk, hingga madu. Hasil kue atau roti yang dibuat pun bisa tampak lebih indah dan bertekstur cantik.

Dalam pembuatan cake, baking soda biasanya digunakan bersamaan dengan baking powder. Meski pada sejumlah resep, tidak perlu menggunakan baking soda untuk membuat cake. Ketika akan membuat cake yang dipanggang atau dikukus, setelah baking soda dicampurkan pada semua bahan sebaiknya segera dipanggang atau dikukus agar teksturnya terjaga.

Tips Penting Menggunakan Baking Soda dalam Pembuatan Kue

Baking soda perlu dicampur dulu dengan bahan-bahan kering seperti tepung sebelum dicampur dengan bahan basah lainnya. Setelah adonan selesai dibuat, perlu segera dipanggang atau dikukus agar baking soda bisa langsung bekerja optimal.

Baking Soda Juga Bisa Dipakai untuk Mencuci Sayur dan Buah

Kita bisa mencuci sayur dan buah dengan baking soda. Caranya cukup mudah. Tinggal larutkan 2-3 sdm baking soda dalam sebaskom air. Lalu rendam dan cuci buah dan sayur di dalamnya, baru dibilas dengan air mengalir sampai bersih.

Sebagai bisa jadi bahan pengembang untuk kue atau roti, baking soda juga punya kegunaan lain. Baking soda harus segera digunakan bila kemasan atau wadahnya dibuka. Maksimal penyimpanan setelah kemasan dibuka adalah enam bulan. Bisa disimpan dalam wadah tertutup di tempat yang sejuk atau dalam lemari pendingin.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading