Sukses

Lifestyle

Agar Daun Salam Tahan Lama, Begini Tips Menyimpannya!

Fimela.com, Jakarta Daun salam sering dipakai untuk membuat aneka menu karena bisa memberi cita rasa yang khas dan aroma yang lebih harum. Bahkan daun salam ini bisa dibilang sebagai penyedap alami yang membuat berbagai macam makanan jadi terasa lebih lezat. Tidak heran kalau kadang kita perlu memiliki stok daun salam yang cukup banyak di dapur agar bisa menggunakannya sewaktu-waktu.

Hanya saja kalau tidak disimpan dengan baik dan benar, daun salam bisa gampang rusak. Sayang kan kalau daun salam yang sudah kita beli dalam keadaan bagus jadi tidak bisa dipakai lagi karena salah menyimpannya. Untuk itu kita perlu menggunakan sejumlah cara yang paling pas dalam menyimpan daun salam agar tahan lama.

1. Daun Salam Dikeringkan Terlebih Dahulu

Daun salam kering masih tetap bisa digunakan untuk membuat aneka makanan jadi terasa lebih sedap dan beraroma. Bila kita membeli daun salam segar, kita bisa segera mencuci dan meniriskannya. Setelah itu kita bisa mengeringkannya dengan cara digantung. Daun salam kering ini nanti bisa disimpan dalam wadah kedap udara atau ditaruh di lemari pendingin untuk digunakan selama beberapa minggu.

2. Daun Salam Dibungkus dengan Aluminium Foil

Kita juga bisa membungkus daun salam yang sudah dicuci dan ditiriskan dengan aluminium foil. Pastikan tidak ada air yang masih menempel di daun salam karena kalau tidak, nanti daun salam jadi lembap dan mudah busuk.

3. Daun Salam Dikeringkan Menggunakan Microwave

Kalau punya microwave di rumah bisa juga dimanfaatkan untuk mengeringkan daun salam. Keringkan selama beberapa detik di microwave, daun salam kering bisa tahan lebih lama dan dapat digunakan selama beberapa minggu.

4. Daun Salam Disimpan dalam Wadah Kedap Udara

Untuk daun salam yang sudah dikeringkan (baik dikeringkan dengan sinar matahari alami maupun microwave), bisa disimpan dalam wadah kedap udara lalu ditaruh di tempat sejuk dengan suhu sekitar 18-24 derajat celcius. Daun salam kering yang disimpan dengan cara ini diyakini bisa tahan sampai satu tahun.

5. Daun Salam Digantung di Tempat Sejuk

Kalau punya seikat daun salam, kita bisa memberinya tali lalu menggantungnya di tempat sejuk. Daun salam yang digantung dan diangin-anginkan ini bisa tahan beberapa hari. Ketika sudah kering pun masih bisa digunakan.

6. Daun Salam Dibungkus Kertas Koran

Daun salam yang sudah dicuci dan diangin-anginkan bisa dibungkus kertas koran. Setelah itu masukkan dalam kantong plastik, lalu simpan di lemari pendingin. Daun salam bisa dalam keadaan tetap bagus selama satu bulan lamanya.

Ada banyak cara yang bisa kita pilih untuk membuat daun salam awet dan tahan lama. Semoga tips-tips di atas bisa membantumu, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading