Sukses

Lifestyle

Cara Mempersiapkan Cumi Asin sebelum Diolah

Fimela.com, Jakarta Cumi asin punya tekstur dan rasanya yang sangat khas. Diolah dengan cara ditumis pun bisa jadi hidangan yang sangat sedap. Cuma memang kadang mempersiapkan cumi asin sebelum diolah susah-susah gampang.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan cumi asin sebelum diolah. Sebelumnya, pastikan dulu kalau cumi asin yang kita pilih berkualitas terbaik yang ditandai dengan bagian tubuhnaya yang masih lengkap dan teksturnya yang kering. Sekarang, yuk kita simak sejumlah tips dalam mempersiapkan cumi asin ini.

1. Bersihkan dengan Air Mengalir

Kebersihan tetap yang nomor satu dalam proses pengolahan. Sebelum diolah, cumi asin perlu dibersihkan dulu dengan air mengalir atau air keran. Buang semua kotoran yang sekiranya masih menempel pada cumi asin sebelum dimasak.

2. Rendam dalam Air Hangat

Supaya rasa asinnya tak terlalu pekat, cumi asin bisa direndam terlebih dahulu dalam air hangat selama 30 menit. Cumi asin pun bisa lebih lunak tanpa menghilangkan rasa khasnya.

3. Bilas Kembali Cumi Asin

Setelah direndam dalam air hangat, cumi asin bisa kita bilas dengan air bersih. Setelah itu, kita bisa memotongnya sesuai selera. Atau kalau ingin mengolahnya dalam keadaan masih utuh juga tidak masalah.

Cara penyimpanan cumi asin pun cukup mudah. Kita bisa langsung menaruhnya dan menyimpannya dalam wadah kedap udara dan ditaruh di tempat sejuk. Karena baunya yang kadang agak menyengat, sebaiknya dipisahkan dari bahan makanan lainnya, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading