Membuat Pewarna Hijau Alami dari Daun Pandan dan Suji, Berikut Caranya!

Endah Wijayanti28 Des 2018, 14:06 WIB
pewarna hijau

Fimela.com, Jakarta Pewarna makanan yang paling aman adalah yang terbuat dari bahan-bahan alami. Untuk pewarna hijau, kita bisa menggunakan daun pandan wangi dan daun suji. Pewarna hijau alami ini pun dapat kita gunakan untuk membuat aneka kue, seperti klepon dan roti kukus. Cara untuk membuat pewarna hijau ini pun tidak terlalu sulit, kok.

Untuk membuat pewarna hijau laami, kita perlu menggunakan daun pandan wangi dan daun suji. Daun pandan wangi ini akan memberi aroma pandan yang menyegarkan sementara daun suji bisa menghasilkan warna hijau yang pekat. Ada takaran tertentu yang perlu kita perhatikan dalam pembuatan pewarna alami hijau ini.

Perbandingan antara daun pandan wangi dan daun pandan suji adalah 1:2. Dengan kata, jumlah daun suji yang kita pakai lebih banyak daripada daun pandan wangi. Untuk 250 cc air, kita bisa menggunakan 10 lembar daun pandan wangi dan 20 lembar daun suji.

Semua daun pandan dicuci bersih terlebih dahulu. Setelah itu, daun pandan dipotong-potong untuk kemudian diblender sampai halus. Nanti hasil dari air jus pandan ini disaring. Hasil yang sudah disaring ini bisa langsung digunakan untuk pewarna alami.

Kalau ingin warnanya lebih pekat, kita bisa menggunakan lebih banyak daun suji. Tingkat kekentalannya pun bisa kita sesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Bila butuh warna hijau yang lebih pekat lagi, kita perlu menyimpan hasil jus daun pandan yang sudah disaring selama beberapa jam. Nanti akan muncul endapan yang berwarna lebih pekat.

Aneka kue atau kudapan yang dibuat dengan pewarna alami daun pandan ini pun bisa beraroma lebih lembut dan wangi. Yuk, coba sendiri membuat pewarna hijau alam di rumah.