Sukses

Peringatan Konten!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Lifestyle

Besar Payudara Tidak Sama, Normal atau Tidak?

Fimela.com, Jakarta Pernahkah melihat dan memperhatikan bentuk tubuh di depan cermin? Pernahkah secara spesifik memperhatikan bentuk payudaramu? Apakah besarnya sama? Well, banyak perempuan yang memiliki besar payudara berbeda antara yang kanan dan kiri. Lalu, apakah ini normal?

Tidak ada payudara yang benar-benar memiliki besar yang sama persis antara yang kanan dan kiri. Saat mengalami pubertas, payudara remaja pasti besar sebelah. Biasanya, payudara kiri akan lebih besar daripada sisi kanan. Hanya sedikit perempuan yang memiliki payudara simetris dengan dua ukuran yang sama persis.

Pada umumnya, payudara asimetris akan tampak lebih menonjol perbedaannya selama masa pubertas dan pada akhirnya dapat menyeimbangkan kedua ukuran dengan sendirinya. Namun, ada 25 persen perempuan mengungkapkan bahwa perbedaan ukuran dua payudara tetap besar sebelah sampai dewasa.

Apa sih yang mempengaruhi besarnya payudara? Banyak yang mengira bahwa tidur dengan posisi miring dapat menekan payudara. Beberapa percaya jika tidur dengan posisi ini akan menghimpit payudara dan perkembangan payudara menjadi tidak seimbang. Faktanya, posisi tidur seperti apapun tidak akan menghambat pertumbuhan payudara.

Perbedaan ukuran payudara ini penyebabnya memang masih tidak diketahui secara pasti, namun ada faktor perubahan hormon yang menyebabkan ukurannya tidak sama. Hal ini biasanya normal dan tak perlu dikhawatirkan, namun jika payudara perubahan sangat terlihat maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading