Cuka Apel Bisa Digunakan untuk Apa Saja?

Endah Wijayanti28 Des 2018, 17:08 WIB
cuka apel

Fimela.com, Jakarta Cuka apel saat ini sudah makin mudah ditemukan di berbagai swalayan dan supermarket. Kita pun bisa mendapatkannya secara online di sejumlah e-commerce. Tapi belum banyak yang tahu cara menggunakan cuka apel ini, sehingga kadang masih ragu untuk membelinya.

Cuka apel difermentasi dua kali supaya muncul rasa asamnya. Cuka apel ini bisa diminum langsung, tapi juga bisa digunakan sebagai bahan pelengkap makanan. Kita bisa menggunakan cuka apel untuk berbagai hal. Selengkapnya, yuk simak di sini.

1. Menjaga Warna Sayur agar Tetap Menarik

Saat merebus sayur, kita bisa menambahkan 1 sdm cuka apel agar warna sayur tetap terjaga. Ketika warna sayuran tetap menarik dan cerah, pastinya jadi membangkitkan selera makan dan menambah asupan makanan sehat.

2. Dijadikan Salad Dressing

Suka mengonsmsi salad? Coba tambahkan cuka apel pada salad dressing. Kita bisa mencampurkan cuka apel, olive oil, dan sedikit gula sebagai pelengkap salad yang kita nikmati. Sayur dan buah dala salad yang kita santap pun rasanya akan makin nikmat.

3. Dicampurkan pada Bumbu Marinasi

Saat akan membuat bumbu marinasi untuk olahan daging atau ikan, kita bisa menambahkan cuka apel. Cuka apel ini nantninya bisa membantu melembutkan daging sekaligus membunuh bakteri yang ada. Dengan begitu, olahan yang dihasilkan jadi terasa lebih nikmat.

4. Dicampurkan pada Saus yang Berbahan Tomat

Rasa yang kuat dan tajam dari cuka apel bisa membuat rasa saus tomat jadi lebih enak. Kalau ingin rasa saus yang berbahan tomat lebih kuat, kita bisa menambahkan cuka apel secukupnya.

5. Menambah Cita Rasa Asinan

Kita bisa menggunakan cuka apel sebagai salah satu bahan untuk membuat asinan. Selain cabai, garam, dan gula pasir kita juga bisa menambahkan cuka apel dalam asinan yang kita buat. Asinan dengan buah segar yang disimpan di dalam kulkas bakal jadi kudapan yang pas disantap di saat terik atau pada siang hari.

Cuka apel juga bisa kita tambahkan dalam jus buah yang akan kita konsumsi. Jus buah akan terasa segar bila dinikmati dengan menambahkan cuka apel secukupnya.

Sekarang sudah nggak bingung lagi kan cara menggunakan cuka apel? Semoga info ini bisa membantumu.

Museum Skogar, Islandia. (Alex Spranceana)
1Y Ago

Seakan acuh pada dinamika yang bergerak di sekitarnya, mari lihat paras desa unik ini!

Selengkapnya
Museum Skogar, Islandia. (Alex Spranceana)
short desc
1Y Ago

Ladies, hujan-hujan dan dingin seperti ini paling pas kalau mencoba resep sup yang hangat berikut.

Selengkapnya
short desc
short desc
1Y Ago

Ada banyak tips mudah yang bisa digunakan untuk mengusir kutu beras.

Selengkapnya
short desc
short desc
1Y Ago

Rasa saus tiram dan lada membuat tumis daging ini istimewa.

Selengkapnya
short desc
Seribu Batu Songgo Langit, Yogyakarta. (Sumber Foto: nopal___/Instagram)
1Y Ago

Seribu Batu Songgo Langit, menyelami latar negeri dongeng di Yogyakarta.

Selengkapnya
Seribu Batu Songgo Langit, Yogyakarta. (Sumber Foto: nopal___/Instagram)