Cara Memakai Minyak Wijen dalam Masakan

Endah Wijayanti02 Jan 2019, 10:49 WIB
minyak wijen

Fimela.com, Jakarta Minyak wijen merupakan minyak esensial dari biji wijen. Di pasaran, kita bisa menemukan dua jenis minyak wijen. Ada minyak wijen yang terbuat dari wijen mentah dengan warna yang lebih bening. Ada juga minyak wijen yang terbuat dari biji wijen sangrai dengan warna yang lebih keruh dan punya aroma yang lebih harum.

Dalam masakan, minyak wijen bisa bisa digunakan untuk membuat hidangan dengan aroma yang lebih lezat. Dapat digunakan untuk membuat tumisan, bisa juga digunakan untuk mengolah pasta dan mie supaya tidak lengket saat direbus. Selain itu minyak wijen juga bisa digunakan untuk mencegah masakan supaya tidak cepat basi. Dapat pula digunakan untuk mengurangi bau amis dalam masakan.

1. Membuat Tumisan

Kita bisa menggunakan minyak wijen secukupnya untuk menumis masakan. Tinggal panaskan minyak wijen di wajan, setelah itu kita bisa langsung masukkan bumbu dan aneka bahan makanan yang diolah.

2. Menghilangkan Bau Amis

Selain menggunakan air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon untuk menghilangkan bau amis pada daging ayam, kita juga bisa menambahkan minyak wijen secukupnya. Aroma minyak wijen bisa menetralkan bau amis pad daging dengan cukup efektif.

3. Mencegah Pasta dan Mie agar Tidak Lengket

Kita bisa menambahkan minyak wijen pada air rebusan untuk pasta atau mie. Selain bisa mencegah agar pasta atau mie tidak lengket, minyak wijen yang digunakan juga bisa membuat pasta atau mie jadi terasa lebih kenyal.

4. Membuat Nasi Goreng Lebih Sedap

Kita bisa menumis bumbu nasi goreng dengan minyak wijen. Rasa nasi goreng bisa terasa lebih sedap dan lezat bila kita menggunakan minyak wijen secukupnya.

5. Membuat Mie Ayam Lebih Lezat

Racikan bumbu ayam bisa ditambah dengan minyak wijen untuk membuat rasa dan aromanya jadi lebih lezat. Selain itu penambahan minyak wijen ini bisa mencegah mie agar tidak lengket saat dicampur dengan bumbu.

Minyak wijen bisa digunakan dan dimanfaatkan dengan berbagai cara untuk membuat makanan atau masakan yang lebih lezat. Cara penyimpanan minyak wijen pun cukup mudah. Minyak wijen bisa disimpan dalam botol kaca dan ditaruh di tempat sejuk.