Apa Kegunaan Cream of Tartar?

Endah Wijayanti06 Jan 2019, 08:11 WIB
cream of tartar

Fimela.com, Jakarta Pernah melihat cream of tartar atau krim tartar di swalayan atau supermarket? Bagi yang punya hobi membuat kue atau cake pasti sudah tidak asing dengan bahan yang satu ini. Cream of tartar adalah salah satu bahan yang fungsinya bisa melembutkan kue.

Wujud dari cream of tartar ini berbentuk bubuk putih halus. Dibuat dari hasil penyulingan minuman anggur atau dibuat dari proses pemurnian tartaric acid. Cream of tartar bisa dipakai sebagai pengembang atau ragi. Fungsi dari cream of tartar ini bisa mengeluarkan gas di adonan. Volume kocokan telur yang dihasilkan pun bisa lebih baik dan tidak cepat mengempis.

Dengan menggunakan cream of tartar, kue atau cake bisa memiliki tekstur pori-pori yang lebih lembut. Cream of tartar juga bisa digunakan untuk membuat whipped cream dengan tekstur yang lebih bagus serta rasa yang sedikit asam.

Kalau tidak ada cream of tartar, kita bisa menggantinya dengan air perasan jeruk lemon atau cuka putih. Hanya saja takarannya akan sedikit berbeda, misalnya jika dalam resep kita membutuhkan 1 sdm cream of tartar, kita bisa memakai 2 sdm air perasan jeruk lemon sebagai penggantinya. Di sini kita perlu lebih hati-hati dan jeli dalam menakar bahan-bahannya.

Selain digunakan sebagai salah satu bahan kue, cream of tartar juga bisa digunakan untuk membua warna sayuran tetap cerah saat diolah atau dimasak. Hanya saja memang yang paling umum cream of tartar digunakan untuk membuat kue agar lebih mengembang dan lembut.