Sukses

Food

4 Cara Memilih Telur Asin Berkualitas, Simak Tipsnya!

Fimela.com, Jakarta Memilih telur asin yang berkualitas baik kadang gampang-gampang susah. Mengingat kalau hanya melihat dari kulit atau cangkang telurnya saja, rasanya semua sama saja. Tapi kalau kita tidak hati-hati, kita bisa terjebak dan salah pilih telur yang berkualitas jelek.

Untuk memilih telur asin yang berkualitas baik, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Yuk, langsung simak keterangan lebih lengkapnya di sini.

 

1. Pilih yang Kulitnya Berwarna Biru Cerah

Perhatikan warna kulit atau cangkangnya. Cari yang berwarna biru cerah. Kalau warnanya kusam dan memiliki bintik-bintik hitam, jangan dipilih. Telur asin yang segar biasanya memiliki cangkang dengan warna biru cerah dan bersih serta mulus.

2. Posisi Kuning Telur Asin Utuh dan Tidak Bergeser

Coba letakkan telur asin di depan cahaya. Kemudian, terawang sambil perhatikan posisi kuning telur asin. Bila posisinya masih utuh dan tidak bergeser, maka kemungkinan besar telur asinnya masih segar. Tapi kalau sudah bergeser atau terlihat pecah, maka kemungkinan telur sudah basi.

3. Uji dengan Larutan Garam

Siapkan wadah yang diberi dua gelas air dan 1 sdt garam, aduk sampai larut. Kemudian masukkan telur asin ke dalam larutan garam tersebut. Bila telur asin tenggelam, itu tanda telurnya masih segar. Tapi kalau malah terapung, ini jadi tanda kalau masih ada kantung udara di dalam telur yang membuatnya tak segar lagi sebab sudah kelamaan disimpan.

4. Telur Asin Mudah Diiris atau Dipotong

Untuk menikmati telur asin memang kita sebaiknya langsung mengiris atau memotongnya. Mengulitinya akan sulit karena bagian putih telur asin akan menempel pada cangkangnya. Telur asin yang segar akan mudah dipotong. Bila bagian putih dan kuning telurnya berwarna cerah, itu tanda telur asin masih segar.

Itu tadi sejumlah tips sederhana dalam memilih telur asin segar dan berkualitas baik. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading