Sukses

Lifestyle

Cara Mengolah Kulit Ayam agar Renyah

Fimela.com, Jakarta Kulit ayam bisa diolah jadi keripik yang renyah dan krispi. Tapi kalau salah mengolahnya, kulit ayam jadi terasa lembek dan kurang kriuk. Untuk mengolah kulit ayam agar renyah, ada sejumlah tips yang perlu diketahui.

Dengan mengikuti sejumlah tips dan langkah sederhana, kita bisa mengolah kulit ayam yang renyah. Selengkapnya, yuk simak keterangannya di bawah ini.

1. Pisahkan Kulit Ayam dengan Bagian Lemaknya

Untuk mendapatkan tekstur keripik kulit ayam yang lebih renyah, pisahkan dari bagian lemaknya. Kulit ayam yang tanpa lemak ini pun nantinya juga lebih enak dan tidak bau tengik saat diolah.

2. Lumuri dengan Air Jeruk Nipis, Jahe Parut, dan Garam

Kulit ayam yang sudah dicuci bersih, bisa dilumuri dengan air jeruk nipis yang dicampur dengan jahe parut dan garam. Kemudian diamkan dulu selama 30 - 40 menit. Setelah itu kita bisa membilasnya lagi dengan air mengalir.

3. Bisa Juga Direndam dengan Air Kapur Sirih

Bila tak ada air jeruk nipis, kita bisa merendam kulit ayam dalam larutan air kapur sirih selama sekitar satu jam. Setelah itu, baru bisa dicuci lagi sampai bersih.

4. Celupkan ke Kocokan Putih Telur

Kulit ayam yang sudah bersih, bisa dilumuri dengan bawang putih bubuk, lada bubuk, dan penyedap rasa secukupnya. Baru kemudian, celupkan kulit ayam ke kocokan putih telur. Kenapa memakai putih telur? Dengan putih telur, nantinya kulit ayam dan bahan pelapis bisa lebih merekat dan menghasilkan tekstur yang lebih renyah.

5. Tambahkan Tepung Beras pada Bahan Pelapis

Bumbu dan bahan pelapis yang kita gunakan bisa ditambahkan dengan tepung beras secukupnya. Misal, kita menggunakan 150 gram tepung terigu, maka tambahkan juga 150 gram tepung beras. Baluri dan gulingkan kulit ayam pada bahan pelapis sampai benar-benar rata.

6. Pakai Minyak Goreng Baru

Untuk menghasilkan kulit ayam yang renyah, kualitas minyak goreng juga perlu diperhatikan. Gunakan minyak goreng baru dan pakai api sedang untuk menggoreng. Dengan begini, bagian luar kulit ayam tidak akan gampang gosong serta memudahkan kita mendapatkan hasil bagian dalam kulit ayam yang matang sempurna.

Cukup mudah kan membuatnya? Semoga tipsnya bermanfaat, ya.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading