Sukses

Lifestyle

5 Trik Sederhana untuk Santai Menghadapi Stres

Fimela.com, Jakarta Stres seringkali dianggap sebagai satu hal mematikan bagi kesehatan fisik, maupun mental seseorang. Ya, stres memang bisa berakibat buruk bagi jantung, tekanan darah, dan kesejahteraan seseorang secara keseluruhan.

Sebuah penelitian pernah menyatakan bahwa stres berisiko kematian hanya pada mereka yang menganggap bahwa hidup mereka penuh tekanan. Sebaliknya, stres justru dapat membuat seseorang terampil dalam menghadapi tantangan.

Dilansir dari realsimple.com, Senin (7/1/2019), berikut ini adalah beberapa trik sederhana untuk bersikap santai dalam menghadapi stres. Penasaran?

1. Ubah kecemasan sebagai energi

Kaum pria cenderung merasakan stres dalam bentuk kemarahan, sedangkan kaum perempuan mengalami rasa cemas karena stres. Ketika merasa stres, penting untuk ingat bahwa tubuh bekerja untuk mendukung, bukannya melawan.

Penelitian menunjukkan bahwa seharusnya rasa cemas dapat membantu diri sendiri melakukan tugas dengan lebih baik. Lain kali, ketika merasa stres, ingatkan pada diri sendiri untuk tetap waspada dan tetap lakukan yang terbaik.

2. Ingat, kamu tidak sendirian

Merasa kewalahan ketika stres? Stres seringkali memang membuat seseorang merasa sendirian atau terisolasi.

Ingatlah bahwa banyak orang pernah atau sedang mengalami hal yang sama, kamu tidak sendirian. Ciptakan momen untuk bernapas di antara semua rasa stres yang ada.

 

Mengalihkan perhatian diri sendiri

3. Mengalihkan perhatian diri sendiri

Lain kali ketika merasa stres, cobalah untuk mengalihkan perhatian diri sendiri dengan sesuatu yang menyenangkan dan tidak terduga. Melakukan sesuatu di luar kebiasaan ketika stres akan meningkatkan harapan dan rasa percaya diri.

4. Perhatikan bagaimana orang lain ketika merasa cemas

Perhatikan bagaimana orang-orang sekitar merasa cemas. Ingatkan mereka bahwa stres bisa menjadi kesempatan untuk berbagi perspektif.

5. Renungkan tentang pertumbuhan diri sendiri

Memikirkan situasi yang tidak berjalan sesuai rencana bisa membuat stres luar biasa. Gunakan kesempatan ini untuk melakukan refleksi dan tumbuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading