Alasan Tonkatsu dan Daging Goreng Krispi Selalu Ditemani Sayur Kol

Febi Anindya Kirana07 Jan 2019, 12:44 WIB
tonkatsu

Fimela.com, Jakarta Ketika membeli tonkatsu di restoran Jepang, salah satu hal yang mungkin sering ditemui adalah adanya irisan kubis atau kol di sisi daging tonkatsu. Sayur kol selalu jadi pendamping utama tonkatsu atau makanan yang digoreng krispi ketika makan makanan Jepang.

Pernahkah sahabat Fimela penasaran mengapa sayur kol, kenapa bukan nasi? Kan makan daging goreng krispi lebih enak dimakan dengan nasi. Ternyata ada alasannya, mengapa sayur kol dipilih sebagai pendamping tonkatsu.

Dilansir dari Soranews24, sayur kol punya peran penting dalam menyeimbangkan kesan berminyak pada tonkatsu atau daging goreng. Kol memiliki kesan segar saat dimakan dan vitamin yang membantu mencegah kenaikan asam lambung karena makanan yang digoreng. Dengan kata lain, kol membantu mencegah sakit perut.

Bukan hanya mencegah sakit perut, kol juga mampu menyeimbangkan kadar kolesterol yang didapat dari minyak gorengan. Jadi, tak heran jika tonkatsu selalu disajikan dengan irisan sayur kol. Bahkan menu khas Indonesia seperti ayam geprek, ayam goreng krispi dan lainnya juga dilengkapi lalapan kol dengan tujuan yang sama.

Jadi, jika orang pikir kol atau kubis hanya sebagai pajangan di sisi tonkatsu, maka salah besar. Kol memang disajikan sebagai bahan utama kedua di dalam menu tonkatsu, dan seharusnya memang dimakan bersama dengan tonkatsu, bukan disisihkan atau tidak disentuh sama sekali.