5 Bulan Terbaik Untuk Melangsungkan Pernikahan dalam Penanggalan Jawa

Mimi Rohmitriasih08 Jan 2019, 09:45 WIB
Pernikahan Jawa

Fimela.com, Jakarta Pernikahan merupakan momen yang sangat mengesankan dan tak akan mudah terlupakan. Hari pernikahan juga menjadi hari paling bahagia buat dua pasang kekasih yang saling mencintai dan mengharap ridhaNya sesuai kepercayaan masing-masing.

Ketika merencanakan pernikahan, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Persiapan tersebut mulai dari baju pengantin, tempat melakukan resepsi dan waktu terbaik untuk melangsungkan pernikahan tersebut. Bicara mengenai waktu terbaik, dalam penanggalan Jawa, waktu melangsungkan pernikahan tak boleh dilangsungkan di sembarang waktu.

Sedikitnya ada 5 bulan terbaik untuk melangsungkan pernikahan dalam penanggalan Jawa. Bulan apa saja? Simak yang berikut ini.

1. Besar

Bulan pertama adalah bulan Besar. Bulan Besar bertepatan pula dengan bulan Idul Adha di penanggalan Hijriyah. Pasangan pengantin yang menikah di bulan ini dipercaya bakal mendapat rezeki berlimpah di kehidupan rumah tangganya. Pasangan pengantin juga akan hidup bahagia, punya banyak anak dan jauh dari permasalahan hidup. Keluarga besar dari kedua mempelai dipercaya juga bakal turut bahagia dan sehat selalu.

2. Jumadil Akhir

Bulan Jumadil Akhir tercatat sebagai bulan ke 6 di penggalan Jawa dan Hijriyah. Melangsungkan pernikahan di bulan ini dipercaya bisa menjadi pasangan bahagia, punya rezeki melimpah dan harmonis. Ketika datang masalah, pasangan yang menikah di bulan ini dipercaya selalu bisa menyelesaikan permasalahan tersebut dengan kepala dingin dan penuh ketenangan.

 

3 Bulan Lainnya

Pernikahan Jawa
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

3. Rajab

Bulan Rajab juga dipercaya sebagai bulan terbaik untuk melangsungkan pernikahan. Menikah di bulan ini dipercaya bisa mendapat rezeki yang melimpah ruah. Kehidupan rumah tangga yang dibangun senantiasa bahagia. Pasangan yang menikah di bulan Rajab juga akan kedatangan banyak tamu baik itu kerabat, sahabat juga masyarakat sekitar. Pasangan yang menikah di bulan ini juga bakal segera mendapat momongan dan lancar dalam berbisnis atau pun berwirausaha.

4. Ruwah

Bulan terbaik untuk melangsungkan pernikahan menurut penanggalan Jawa adalah bulan Ruwah. Bulan Ruwah terjadi setelah bulan Rajab. Pasangan yang melangsungkan pernikahan di bulan ini dipercaya bakal mendapat kedamaian dan keselamatan dalam berumah tangga. Pasangan ini juga akan dijauhkan dari segala fitnah. Tak hanya itu, pasangan yang menikah di bulan Ruwah bakal mendapat rezeki yang melimpah ruah.

5. Syawal

Bulan Syawal adalah bulan yang sangat baik untuk melangsungkan pernikahan. Bulan Syawal yang identik dengan perayaan Idul Fitri ini memiliki banyak keutamaan. Pasangan yang menikah di bulan ini dipercaya bakal memiliki rumah tangga bahagia, penuh cinta dan murah rezeki. Pasangan yang menikah ini juga bakal merasakan kebahagiaan tersendiri karena bisa berkumpul dengan banyak keluarga mengingat jika perayaan Idul Fitri juga sebagai acara berkumpulnya keluarga besar.

Itulah beberapa bulan dalam penanggalan Jawa yang dikatakan sebagai bulan terbaik untuk melangsungkan pernikahan. Jika merencanakan pernikahan di tahun ini, Sahabat Fimela bisa memilih bulan Jumadil Akhir, Rajab, Ruwah sebelum Ramadan atau memilih Syawal dan Besar setelah Ramadan.

Lanjutkan Membaca ↓