Alasan Jahe Disajikan Bersama dengan Sushi

Febi Anindya Kirana08 Jan 2019, 09:40 WIB
jahe

Fimela.com, Jakarta Ketika memesan sushi, mungkin dirimu menyadari bahwa ada irisan tipis jahe yang disajikan pada mangkuk kecil. Bukan untuk pajangan saja, seperti halnya kecap asin dan wasabi, jahe yang sudah diacar ini juga punya maksud tersendiri yang tak bisa diabaikan.

Orang berpikir bahwa jahe tersebut dimakan bersama dengan sushi seperti halnya wasabi dan kecap asin. Namun itu cara yang salah. Dilansir dari Shogun Japanese Steakhouse, jahe tidak diperuntukkan dimakan bersama sushi, namun dimakan terpisah setelah makan sushi, atau di antara makan satu jenis sushi ke jenis sushi lainnya.

Acar jahe atau disebut 'gari' ini berfungsi membersihkan dan menyegarkan rongga mulut yang amis karena sushi. Rasa acar jahe yang pedas dan pahit akan memberikan kesegaran berbeda di dalam mulut. Jika chef ingin menjadikan jahe sebagai bahan makanan sushi, ia pasti sudah memasukkannya ke dalam sushi, bukan disajikan terpisah.

Tentu jahe tak hanya berfungsi sebagai penyegar setelah makan sushi, namun juga sebagai obat pencegah sakit perut dan bersifat anti bakteri sehingga membantu melancarkan pencernaan. Itu dia tujuan adanya jahe yang disisihkan di samping sushi. Jadi, jangan abaikan dan malah tidak dimakan ya.