4 Tips Memilih Ayam yang Masih Segar

Febi Anindya Kirana13 Jan 2019, 08:29 WIB
ayam

Fimela.com, Jakarta Ketika belanja ke pasar dan ingin membeli ayam mentah, pasti sahabat Fimela ingin mendapatkan ayam segar yang berkualitas. Ayam adalah jenis unggas yang mudah dimasak dan bisa diolah menjadi berbagai menu masakan, dan memastikan mendapatkan daging yang terbaik adalah jaminan makanan yang enak.

Sebelum membeli daging ayam, ada beberapa hal yang pelru diperhatikan, dan memastikan kesegarannya terjamin. Ini sekian tips memilih ayam yang masih segar di pasar.

1. Bau

Perhatikan dan cium apakah daging menimbulkan bau. Ayam yang segar seharusnya tidak menimbulkan bau. Periksa juga bagian dalamnya jika ingin membeli ayam utuh.

2. Warna

Drai warnanya, daging ayam yang segar dan tidak terlihat berbeda. Daging ayam segar berwarna merah muda, tidak abu-abu atau menghitam. Jika kulit dan dagingnya telihat putih kemerahan, tandanya masih segar.

3. Tekstur daging

Daging yang padat atau kenyal adalah ciri ayam yang masih segar. Jangan memilih daging ayam yang jika dipegang, dagingnya terlalu lembek, berair dan akan hancur. Jangan pilih yang bengkak atau terlalu keras, bisa jadi telah disuntik oleh penjual supaya lebih berat.

4. Tidak banyak darah

Pilih ayam yang tidak mengeluarkan banyak darah. Ayam yang masih berdarah-darah menunjukkan ia ditangani dengan cara kasar, dan risiko kontaminasi bakterinya jauh lebih tinggi. Atau bisa jadi ayam ini telah dibekukan dan dicairkan selama beberapa kali.

Itu dia tips memilih ayam yang masih segar. Jadilah pembeli yang cerdas dengan memeriksa terlebih dahulu bahan makanan yang ingin dibeli ya!