5 Macam Bunga yang Miliki Manfaat Kesehatan

Ega Maharni11 Jan 2019, 17:30 WIB
5 Macam Bunga yang Miliki Manfaat Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Ternyata bunga memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh. Memang tidak semua jenis bunga berkhasiat bila dimakan, nyatanya sebagian bunga digunakan hanya untuk pengobatan dari luar.

Seperti kembang telang yang berwarna biru, air rendamannya bisa digunakan untuk menjernihkan mata, baik untuk para bayi dan orang dewasa. Lantas, apa saja bunga-bunga yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh? Simak bahasannya di bawah ini, yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Bunga Mawar

Bunga yang kerap diberikan kepada orang terkasi sebagai lambang cinta ini ternyata juga baik untuk dikonsumsi. Karena, bunga ini mengandung zat sitrat, sitronelol, geraniol linalol, nerol, eugenol, feniletilalkohol farnosol, dan nonilaldehida. Selain untuk kecantikan, mawar juga dikonsumsi untuk melancarkan haid, mengobati keputihan, pembengkakakn payudara, campak, paru-paru, radang usus, rematik, sakit kepala, dan untuk kesehatan kulit. 

2. Melati

Tahukah kamu kalau bunga melati ini punya banyak khasiat, antara lain bisa mengurangi sesak nafas, sakit kepala, jerawat, mata bengkak, radang usus, radang ginjal, dan lainnya. 

2 of 2

3. Bunga Matahari

Ilustrasi Bunga Matahari
Ilustrasi bunga matahari (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Bunga indah yang besar dan berwarna kuning terang ini ternyata tak hanya indah difoto, tapi juga menyehatkan jika dikonsumsi. Bunga ini mengandung quercimeritrin, helianthoside, Asam oleanolat, sam echinocystat, prostaglandin E, asam chlorogenic, asam quinat, dan lemak. Biasanya dikonsumsi untuk menurunkan hipertensi, sakit kepala, sakit gigi, kanker lambung, nyeri lambung, nyeri payudara, dan nyeri pada saat haid.

4. Kembang Sepatu

Bunga ini mengandung teraxeryl acetat, cyanidin diglucosid, hibisetin, zat pahit, dan lendir. Tak disangka, banyak orang meyakini bunga ini ampuh untuk mengobati TBC, batuk, demam malaria, gondongan, keputihan, melancarkan haid, mimisan, sariawan, dan radang usus. 

5. Kamboja

Bunga kamboja, kerap digunakana leluhur untuk menurunkan panas, peluruh kencing, obat batuk, pelancar BAB, dan lain sebagainya. 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming KLY Lounge With Geisha

Tutup Video
Ilustrasi/copyright pexels.com/Lucas Dutra
1W Ago

Mengeluh adalah sikap yang sangat penting buat dihindari.

Selengkapnya
Ilustrasi/copyright pexels.com/Lucas Dutra
ilustrasi bakwan/copyright Shutterstock
1W Ago

Ternyata seperti ini asal usul bakwan hingga bisa menjadi camilan orang Indonesia.

Selengkapnya
ilustrasi bakwan/copyright Shutterstock
Pho/copyright: unsplash/matthew hamilton
1W Ago

Weekend saatnya mencoba resep masakan baru yang lezat.

Selengkapnya
Pho/copyright: unsplash/matthew hamilton