Sukses

Lifestyle

Coba Terapkan Diet Mediterania, Agar Resolusi Sehat Tahun Ini Tercapai

Fimela.com, Jakarta Di awal tahun seperti ini biasanya resolusi masih hangat-hangatnya. Walau perjalanan masih panjang untuk mewujudkan satu persatu, tapi memulainya sesegera mungkin adalah cara terbaik. Salah satu hal yang umum ada dalam daftar resolusi tahunan seseorang adalah gaya hidup sehat, baik dengan olahraga maupun diet.

Tak hanya impian untuk memiliki berat tubuh atau bentuk badan ideal, olahraga dan diet memang fondasi penting untuk kebugaran tubuh. Memulai kedua hal tersebut juga tidak perlu langsung dengan cara ekstrem. Untuk diet, diet mediterania mungkin bisa dicoba.

Dilansir dari US News, diet mediterania disebut pola terbaik untuk pola makan sehat. Diet mediterania ini sendiri diadaptasi dari kebiasaan makan masyarakat yang tinggal di wilayah cekungan laut mediterania seperti Spanyol, Itali, dan Yunani.

Konsep diet mediterania adalah makan makanan whole food, yang artinya tidak ada konsumsi makanan dalam kemasan atau dibekukan. Semua makanan yang dikonsumsi harus dari bahan segar.

Cara Menerapkan Diet Mediterania

Hindari Semua Produk Makanan dalam Kemasan

Tak cuma makanan, minuman kemasan pun harus sebisa mungkin dihindari. Makanan dan minuman dalam kemasan umumnya mengandung pengawet dan banyak gula. Tak terkecuali jus buah yang biasa dijual di supermarket, lho.

Makan Perlahan

Untuk melengkapi upaya diet yang dilakukan, usahakan selalu makan perlahan. Bila perlu dampingi juga diet mediterania dengan konsep mindful eating. Pastikan setiap makanan yang masuk ke mulut dan ke dalam tubuh benar-benar dinikmati dan sesuai dengan kebutuhan.

Menu Makan yang Tepat Adalah Kunci Utama

Saat sarapan disarankan makan buah-buahan seperti stroberi, nanas, apel, pir atau jeruk. Namun, jangan makan buah yang memiliki karbohidrat cukup tinggi seperti pisang dan anggur. Untuk asupan protein, telur dan ikan bisa jadi pilihan.

Untuk menu makan siang bisa pilih menu yang mirip dengan menu sarapan, atau ganti ikan dengan ayam panggang dan tambahkan sayuran rebus, salad, plus sedikit kentang. Sementara menu makan malamnya cukup segelas susu skim dan buah-buahan. Jika merasa lapar di antara jam makan, jadikan wortel dan apel sebagai camilan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading