Tips Agar Daging Burung Dara Empuk

Febi Anindya Kirana08 Jan 2019, 13:26 WIB
burung dara

Fimela.com, Jakarta Tidak seperti ayam, burung dara mungkin menjadi pilihan yang cukup jarang untuk makanan sehari-hari di rumah. Namun tak ada salahnya mencoba mengolah burung dara sendiri di rumah jika penasaran atau malas membeli di luar.

Jika memasak burung dara, karena ukurannya yang kecil, daging burung dara mudah ulet atau liat ketika diolah dengan tidak tepat. Oleh karena itu, perlu tips dan trik khusus saat mengolahnya agar tidak menjadi liat.

1. Burung dara muda

Pilih burung dara yang masih muda karena dagingnya secara alami empuk. Burung dara dengan usia sekiatra 3-4 bulan adalah yang cukup untuk disembelih atau paling enak diolah.

2. Presto

Kalaupun tidak mendapat daging burung dara yang muda atau tidak tahu apakah mendapat burung dara muda atau tidak, bisa diolah dengan cara presto. Cukup masak dengan panci presto selama 15-20 menit saja untuk membuat burung dara empuk.

3. Air Kelapa

Dibandingkan dengan air biasa, merebus daging dara dengan air kelapa diyakini membantu mengurangi kekerasan daging burung dara. Masak dengan bumbu dan air kelapa secukupnya.

4. Nanas

Seperti daging sapi atau kambing, nanas bisa dibalurkan pada daging burung dara agar empuk. Parut secukupnya kemudian lumurkan merata. Diamkan kurang lebih 15 menit baru direbus atau ungkep dengan bumbu.

5. Ungkep lama

Jika tidak mendapat dara muda, tidak punya panci presto, air kelapa atau nanas, cara untuk mengempukkan daging dara adalah mengungkep dlama waktu lama, paling tidak satu jam dengan bumbu yang banyak. Memang harus sabar jika melakukannya dengan cara ini.

Jadi, itu dia sekian cara memasak yang bisa diterapkan agar daging burung dara empuk.