Menurut Penelitian, Pasangan Rentan Selingkuh di Usia Pernikahan Ini

Ivana Okta08 Jan 2019, 14:17 WIB
Selingkuh

Fimela.com, Jakarta Tidak semua pasangan berselingkuh, namun penelitian berhasil menemukan fakta usia pernikahan yang rentan membuat seseorang berani berselingkuh. Bertahun-tahun mengenal satu sama lain, ternyata ada tahun pernikahan di mana rumah tangga rentan mengalami perselingkuhan.

Penelitian ini diterbitkan dalam The Journal of Sex Research menemukan bahwa pernikahan menghadapi risiko rentan selingkuh saat pernikahan mencapai rata-rata tahun ke tujuh. Disebutkan oleh para psikolog bahwa tahun ini adalah titik rentan pernikahan.

Hasil penelitian membuktikan bahwa baik perempuan maupun pria mengalami risiko tertinggi melakukan tindakan selingkuh di usia pernikahan tersebut. Untuk perempuan cenderung tergoda untuk selingkuh di usia pernikahan ke 6-10 tahun. Sedangkan untuk pria, sedikit lebih lama, yaitu hingga tahun ke-11.

Mengapa tahun ke tujuh disebut sebagai titik rentan? Ini karena pasangan sudah mengenal satu sama lain secara mendalam sekaligus menjadi waktu di mana mereka bosan dan renggang satu sama lain. Jika tak ada keinginan untuk mempertahankan pernikahan, perselingkuhan akan sangat mungkin terjadi. Jika sangat parah, perpisahanlah yang akan menjadi risiko yang dihadapi.

Sekali lagi tidak semua pasangan berselingkuh. Masih banyak sekali pasangan yang bisa mempertahankan hubungan pernikahan sampai maut memisahkan.