Sukses

Lifestyle

5 Tips Membersihkan Parutan Besi dari Sisa Makanan

Fimela.com, Jakarta Jika suka memasak di rumah, kemungkinan sahabat fimela memiliki parutan besi yang biasa digunakan untuk memarut makanan, entah itu keju, wortel dan lain sebagainya. Terkadang, orang bingung bagaimana caranya membersihkan parutan besi karena terkadang masih ada sisa makanan yang menempel meski sudah dicuci dan digosok dengan spons cuci piring.

Tenang, ada cara sederhana untuk membersihkan parutan besi hingga tak tersisa makanan di alat masak ini.

1. Menggunakan sikat gigi

Ini adalah cara paling umum sekaligus efektif, teurtama untuk parutan kelapa yang tajam karena tidak melukai tanga. Meski begitu, juga membutuhkan kesabaran. Beberapa sisa makanan yang ada di sela-sela parutan kemungkinan tidak begitu mudah disikat. Harus mengulangi penyikatan beberapa kali.

2. Roti kering

Ambil roti kering seperti bagelan atau baguette dan parutkan pada parutan. Roti kering ternyata bisa digunakan untuk membersihkan sisa-sisa kotoran pada parutan besi.

3. Kentang kupas

Setelah memarut keju, ada sisa keju yang menempel. Hilangkan dengan kentang kupas yang diparutkan pada parutan besi. Cara ini ampuh menghilangkan lemak keju yang menempel.

4. Plastik

Jika masih suka memarut kelapa secara manual, agar tidak kesulitan membersihkan sisa kelapa yang tersangkut di sela-sela parutan, lapisi parutan dengan plastik. Memang jadi agak licin, namun bisa mencegah kelapa tersangkut di parutan.

5. Singkong

Jika punya parutan besi yang lama tidak dipakai dan mulai karatan, jangan dibuang. Bersihkan dengan singkong. Cukup parut singkong pada parutan untuk mengembalikan kilap parutan. Parut singkong dan diamkan selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu cuci dan olesi dengan minyak goreng. Diamkan lagi beberapa saat dan cuci bersih lagi.

Itu dia sekian cara membersihkan parutan besi yang bisa dicoba.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading