5 Cara Pintar Agar Terhindar dari Penyakit di Pergantian Cuaca yang Ekstrem

Vinsensia Dianawanti10 Jan 2019, 18:30 WIB
Ilustrasi sakit

Fimela.com, Jakarta Memasuki awal tahun kerap terjadi pergantian cuaca yang ekstrem. Bisa terjadi cuaca yang begitu terik kemudian tiba-tiba menjadi mendung dan hujan deras.

Cuaca seperti ini berpotensi menimbulkan penyakit dari kuman yang menyebar Untuk terhindari penyakit ini, terdapat lima cara pintar yang bisa dilakukan, seperti dikutip dari Purewow.com.

1. Siapkan beberapa jenis jus

Jus menjadi cara menyenangkan untuk menikmati sayur dan buah. Namun membeli jus di toko memiliki efek yang cukup negatif pada sistem kekebalan tubuh kita karena kandungan gula yang cukup baik. Lebih baik dibuat sendiri di rumah.

Cobalah untuk mencampur jus jeruk segar dengan jeruk bali untuk mendapatkan kandungan vitamin C yang banyak. Atau bisa juga mencampur bit dengan wortel untuk mengurangi peradangan.

2. Rancang zona sakit di rumah

Ini menjadi langkah untuk meminimalisir penularan penyakit di rumah. Jika sudah ada yang terkena flu, batuk, atau pilek, tempatnya mereka dalam satu area sendiri di rumah. Sehingga penyakit tidak menyebar ke seluruh area rumah.

 

Cara pintar agar terhindar dari penyakit

Ilustrasi sakit
Ilustrasi sakit (Foto: Unsplash.com/Kelly Sikkema)

3. Bersin di lengan

Kebanyakan orang akan langsung meraih tisu ketika bersih. Tisu ini justru menjadi media penyebaran penyakit yang paling mudah. Untuk meminimalisir penyebaran penyakit, cobalah untuk bersih di lekukan lengan. Ini menjadi perisai alami yang membantu menghentikan penyebaran penyakit di seluruh rumah.

4. Istirahat cukup

Salah satu cara terbaik untuk membantu tubuh melawan kuman adalah istirahat yang cukup. Gunakan waktu sebaik mungkin untuk tidur lebih awal. Sehingga tubuh tetap mendapatkan tidur yang cukup dan keesokan harinya menjadi lebih segar.

5. Gantungkan Eucalyptus di kamar mandi

Eucalyptus menjadi bahan dasar pembuatan minyak kayu putih. Aromanya yang segar akan memancarkan aroma segar. Belilah seiikat Eucalyptus di toko bunga dan ikat di pancuran atau di tepi bak mandi.

Peras beberapa tetes minyak esensial yang keluar dari Eucalyptus ini menggunakan handuk. Selain memberikan efek relaksasi untuk menghilangkan stres, Eucalyptus melawan kuman dengan sifat anti bakteri dan anti inflamasi.

Lanjutkan Membaca ↓