Sukses

Lifestyle

Begini Sejarah Baceman yang Berasal dari Jawa Tengah

Fimela.com, Jakarta Bacem mungkin menjadi salah satu jenis makanan yang banyak disukai pecinta kuliner Indonesia. Makanan yang diolah dengan bumbu bacem dengan citarasa khas yang manis dan gurih ini merupakan makanan tradisional khas darah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Meski makanan bacem atau baceman sudah sangat umum dijual di berbagai warung dan rumah makan bahkan bisa dibuat sendiri, namun belum banyak yang tahu bagaimana asal mula atau sejarah bacem.

Pengamat kuliner Odilia Wineke, dalam Metrotvnews mengungkapkan bahwa bacem menggunakan gula merah karena berasal dari Jawa, Khususnya Jawa Tengah, dan makanan di sana cenderung memiliki citarasa manis.

Dalam laman yang sama diungkapkan bahwa masyarakat Jawa di abad 19 dulu berpikir untuk membuat makanan yang mudah didapat dan murah. Pada saat itu, bahan makanan yang paling mudah didapat adalah gula karena masyarakat Indonesia mengalami tanam paksa tebu.

Ada banyak pabrik tebu dan orang berpikir untuk membuat makanan dengan bahan dasar gula dna muncullah ide membuat bacem. Pada saat itu bumbu lain yang mudah didapat adalah ketumbar. Proses pemasakan bacem juga sangat sederhana, yaitu direbus dengan bumbu hingga matang dan meresap. Cara memasak yang paling mudah dilakukan pada zaman dulu.

Bukan hanya mendapatkan makanan yang sedap dan enak, pemasakan bacem juga menjadi salah satu cara pengawetan makanan secara alami, seperti dilansir dari Wikipedia.

Ternyata, seperti itu sejarah adanya makanan bacem yang hingga saat ini banyak digemari penikmat kuliner.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading