Tips Membersihkan Alat Dapur dari Kayu dengan Sabut Kelapa

Febi Anindya Kirana10 Jan 2019, 09:11 WIB
alat dapur

Fimela.com, Jakarta Beberapa orang lebih memilih membeli peralatan masak dari bahan kayu karena lebih alami dan ringan. Beberapa bahkan memiliki harga murah jika dibandingkan peralatan masak dari bahan plastik dan logam. Meski begitu, peralatan memasak dari bahan kayu juga lebih rentan berjamur dan rusak jika tidak dibersihakn dan dirawat dengan benar. Punya banyak peralataan masak dari kayu memang harus tahu cara membersihkan dan merawatnya.

Sabun cuci piring saja tidak cukup. Jika ingin membersihkan dan merawat alat masak dari kayu dengan bahan alami, ada dua bahan yang bisa dicoba, yaitu sabut kelapa dan jeruk nipis.

Sabut kelapa memiliki tekstur kasar yang sangat baik untuk menggosok dan menghilangkan sisa makanan pada alat masak kayu seperti talenan, spatula, cobek dan lain sebagainya. Jeruk nipis akan membasmi bakteri dan membersihkan lemak pada peralatan kayu.

Begini cara membersihkannya:

  1. Untuk talenan, cobek, spatula dan lainnya, gosok talenan dengan irisan jeruk nipis hingga dirasa bersih, lalu gosok dengan sabut kelapa. Bilas dengan air.
  2. Untuk talenan kayu yang digunakan memasak daging, kerak dahulu permukaan talenan dengan pisau untuk mengangkat lemak dan bakteri yang menempel, kemudian gosok dengan jeruk nipis. Lanjutkan dengan sabut kelapa.
  3. Setelah itu angin-anginkan atau jemur di bawah sinar matahari hingga kering, lalu simpan kembali di dapur.

Mudah dan sangat alami kan? Boleh dicoba nih di rumah.